Peringati Hardiknas, 85 SLTP Gelar Pesona Budaya Sikka

0
183

NTTsatu.com – MAUMERE – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati secara nasional pada Rabu (2/5) lusa. Di Kabupaten Sikka, peringatan Hardiknas akan dilaksanakan melalui gelar Pesona Budaya Sikka. Kegiatan ini bakal diramaikan para pelajar dari 85 sekolah lanjutan pertama di Kabupaten Sikka. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sikka Patrisius Pederiko menjelaskan untuk tahun ini Dinas PKO tidak melaksanakan apel bendera sebagaimana lazimnya peringatan Hardiknas. Dinas PKO mengalihkan dengan menggelar Pesona Budaya Sikka.
Inisiatif untuk menggelar Pesona Budaya Sikka, katanya, merupakan usulan dan saran pikiran yang disampaikan guru-guru melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SLTP di Kabupaten Sikka. Inisiatif MKKS ini kemudian diakomodir untuk dilaksanakan.

“Nanti PKO bersana MKKS akan gelar Pesona Budaya Sikka. Saya kira ini inisiatif yang baik. Kebetulan dinas sendiri tidak punya dana yang cukup untuk melaksanakan apel dan kegiatan ikutan lainnya,” jelas Patrisius Pederiko di ruang kerjanya, Senin (30/4).

Mantan Camat Waiblama itu menambahkan Pesona Budaya Sikka rencananya dimulai pukul 13.00 Wita. Pelajar peserta kegiatan akan mengenakan pakaian adat dari seluruh etnis di Kabupaten Sikka. Pesan yang mau disampaikan yakni agar para pelajar tingkat sekolah menengah sedini mungkin sudah mengenal budaya di daerah ini, sekaligus mengetahui dan bertanggungjawab untuk melestarikannya. Juga sebagai media promosi budaya dan kekayaan lokal daerah ini.

Menurut rencana, Pesona Budaya Sikka akan dibuka Pelaksana Tugas Bupati Sikka Paolus Nong Susar. Acara pembukaan berlangsung di depan SMPN 1 Maumere, di Jalan Ahmad Yani. Seterusnya para pelajar akan mengelilingi Kota Maumere, dan nantinya akan berakhir di Kantor Bupati Sikka.

Pada beberapa titik yang dilewati, seperti perempatan Toko Agung, depan Gelora Samador da Cunha Maumere, dan Kantor Bupati Sikka, para pelajar akan secara bersama-sama menari hegong.

Dipastikan Pesona Budaya Sikka bakal menjadi tontonan dan hiburan yang menarik bagi masyarakat. Namun selain itu kemacetan akan terjadi di beberapa ruas jalan di dalam kota.

Satlantas Polres Sikka akan membantu pengamanan ruas jalan, sehingga kegiatan Pesona Budaya Sikka bisa berlangsung sukses tanpa menghambat arus lalulintas.  (vic)

 

Foto: Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sikka Patrisius Pederiko (kanan)

Komentar ANDA?