Pesona Pantai Torong Besi Pantura Manggarai Makin Menggiurkan

0
1592
Foto: Gua Maria yang berada di pantai Torong Besi semakin dikenal. (foto: hironimus dale)

RUTENG. NTTSatu.com – Satu lagi obyek Wisata di Kabupaten Manggarai yang mulai terkenal. Pantai Torong Besi sekitar 62 kilo meter arah  utara Ruteng, ibu kota kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Posisi pantainya yang sangat strategis  berada dekat Jalan Nasional pantai utara Manggarai tidak begitu jauh dari pelabuhan laut Kedindi Reo kecamatan Reok memudahkan pengunjung baik dari Manggarai maupun dari luar Manggarai. Kondisi jalanan juga masih cukup baik  untuk menjangkaui lokasi pantai nan indah itu.

Di sekitar pantai pasir putih nan eksotik kita akan disejukan dengan rindangnya pohon cemara pantai, pinus dan bakau yang tumbuh dengan rindang. Dan lengkaplah bagi umat Katolik untuk bisa mensyukuri wisata itu dengan berdoa di gua Maria yang berada pada ketinggian tidak jauh dari pantai Torong Besi. Dari bukit itu, terbentang pemandangan pantai utara dan lautnya yang begitu memikat mata.

Sekitar 500 meter dari Pantai Torong Besi, persisi di bibir pantai kampung Cengkalang terdapat bekas bangunan kapela tua tempat umat katolik di Manggarai pertama kali dipermandikan atau dibaptis menjadi umat katolik.

Sepanjang pantai utara Kabupaten Manggarai memang masih menjanjikan keindahan alamnya  terutama deretan gunung – gunung , perkebunan, pantai dan lautan yang terbentang luas.

Selain pantai  Torong Besi ada juga pantai Ketebe, dan Pantai Kedindi serta masih banyak wisata pantai yang berada di kecamatan Reok dan Reok Barat Kabuten Manggarai.

Obyek wisata Pantai Torong Besi walapun semakin dikenal dan dikunjungi orang-orang untuk berwisata, namun hingga saat ini belum ada retribusi masuk ke lokasi wisata pantai itu.

Wisatawan asing atau lokal yang hendak datang ke pantai Torong Besi tidak akan mengalami kesulitan soal fasilitas hotel, resturant, rumah makan, sumber air  maupun jaringan telepon seluler karena tidak jauh dari Kota Reo ibu kota Kecamatan Reok yang sudah tumbuh menjadi kota dagang di wilayah utara yang  menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan pengunjung.

Untuk menuju obyek wisata Torong Besi jalan raya negara  begitu mulus  dengan kendaraan dari Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai bisa ditempuh sekitar 1,5 jam.

Berdasarkan informasi warga sekitar dan pengunjung , Pantai Torong Besi,  pada umumnya ramai dikunjungi pada hari  Minggu  maupun hari libur selain bisa menikmati keindahan pantai dengan pemandangan sekitar pantai  dan bagi umat katolik biasanya pada bulan rosario bulan Mei dan Oktober banyak umat berziarah di gua maria Torong Besi setelah berdoa mereka bisa menikmati keindahan pantai Torong Besi. (hironimus dale)

Komentar ANDA?