Petang Tadi Feri Batal Ke Larantuka, Besok Juga Tidak Berlayar ke Rote

0
244

KUPANG, NTTsatu.com – Rencana Kapal Feri yang akan belayani rute Kupang – Larantuka, Minggu, 07 Juni 2015 petang, tidak diberangkatkan karena cuaca tidak mendukung. Demikian juga pelayaran besok rute Kupang – Rote juga dibatalkan.

Yohanes Buga seorang calon penumpang yang hendak berlayar ke Larantuka menggunakan jasa penyeberangan Feri dari pelabuhan penyeberangan Bolok mengaku, dia sudah berada di pelabuhan Bolok pada Minggu 07 Juni 2015 siang. Namun ada informasi dari petugas di Pelabuhan kalau Kapal Feri tidak diberangkatkan ke Larantuka karena cuaca tidak mendukung.

“Saya sudah dengan ojek ke pelabuhan Bolok. Tapi sampai disana dikabarkan bahwa kapal tidak berlayar Saya terpaksa pulang dan harus mengeluarkan biaya ojek PP sebesar Rp 200.000,” katanya.

Buga yang mengaku asal Lembata itu, harus kembali ke Larantuka selanjutnya ke Lembata karena ada urusan penting di kampong halamannya. Namun dia terpaksa batal jalan dan alternative yang harus dipilihnya adalah terpaksa menggunakan pesawat ke Lewoleba.

“Kalau tidak ada urusan penting, saya tentu tidak akan kembali ke Lembata dengan pesawat yang harganya Rp 700.000 lebih. Tapi itulah kondisi seperti ini sya terpaksa harus menggunakan pesawat,” katanya.

General Manajer PT ASDP Feri cabang Kupang, Arnol Jansen yang dikonfirmasi terkait pemabatalan pelayaran Bolong – Larantuka itu membenarkannya.

“Kita memang harus membatalkan pelayaran itu demi keselamatan bersama. Karena informasi dari BMG Kupang, cuaca di perairan laut Sawu sedang tidak bersahabat dimana tiggi gelombangnya berkisar 2 hingga 5 meter dengan kecepatan angin rata-rata diatas 20 hingga 30 knot per jam,” katanya.

Jansen juga mengatakan, akibat cuaca yang belum baik itu maka pelayaran dilintasan Kupang – Rote untuk besok, Senin, 08 Juni 2015 juga dibatalkan.

“Kita batalkan pelayaran di lintasan Kupang Rote dan lintasan lainnya besok, Ini juga kita lakukan untuk kebaikan bersama,” katanya.

Sebelumnya informasi pelayaran yang dikirimkan petugas ASDP Feri Cabang Kupang, pelayaran besok Senin 08 Juni 2015 rute Kupang – Rote yang akan dilayani dua unit Kapal Feri masing-masing Ranaka dan Balibo, bertolak dari Pelabuhan Bolok pukul 05.00 wita. Kemudian lintasan Kupang – Sabu dengan KMP Ilemandiri diberangkatkan dari pelabuhan Bolok pukul 12.00 wita juga batal. (iki)

Komentar ANDA?