Pilkada 2017: Kota Kupang Mulai Panas, Lembata dan Flotim Masih Elus

0
206

KUPANG. NTTsatu.com – Pilkada serentak yang bakal digelar 15 Pebruari 2017 mendatang akan diikuti Kota Kupang, Lembata dan Flores Timur, Suhu politik di Kota Kupang mulai memanas sementara di kedua kabupaten lainnya masih pada tahap mengelus-elus bakal calon.

Di Kota Kupang sudah mulai muncul “perang terbuka” antara bakal calon terutama Jonas Salean yang masih menjabat sebagai walikota Kupang, Herman Man juga masih menjabat sebagai wakil walikots Kupang dan Jefri Riwu Koreh anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat serta Hendrik Benu seorang pengusaha.

Keempat bakal calon walikota ini terus berburu pintu masuk Partai Politik. Tiga bakal calon masing-masng Jonas Salean, Jefri Ribwu Koreh dan Hendrik Benu telah mendaftar di PDI Perjuangan yang telah membuka pendaftaran sejak 10 Pebruari lalu. Mereka juga dikabarkan akan ikut mendaftar di beberapa parpol lainnya seperti Golkar, Gerindra dan Demokrat yang akan segera membuka pendaftaran bakal calon.

Sementara dari Lembata dan Flores Timur dikabarkan masih tenang-tenang saja. Belum nampak “perang” antara sejumlah figur yang disebut-sebut bakal maju bertarung dalam pilkada serentak tahun depan itu.

Untuk Lembata, beberapa figur yang disebut-sebut bakal ikut bertarung adalah Bupati sekarang Eliazaer Yentji Sunur, wakilnya Viktor Mado Watun, Ketua DPD Golkar Lembata yang juga mantan Ketua DPRD dan kini wakil Ketua DPRD Lembata, Yohanes Derosari, Lukas Lipatama Witak (pensiunan PNS), Vian K. Burin (Ketua DPC Gerindra Lembata) dan Herman Yoseph Loli Witun.

Peluang terbesar ada pada Viktor Mado Watun yang adalah Kader PDIP, Yohanes Derosari Ketua DPD Partai Golkar Lembata dan Vian Buri pemegang palu DPC Gerindra Lembata. Mereka dipastikan bisa diusung partai masing-masing tinggal saja berkoalisi dengan Parpol lain untuk memenuhi syarat.

Sementara di Flotim, ada beberapa figur yang disebut-sebut akan serius bertarung yakni Anton Hayon Ketua DPC PDIP Flotim yang kini wakil Ketua DPRD Flotim, Yoseph Lagadoni Herin bupati sekarang, Valens Tukan wakil Bupati sekarang, Dokter Yoseph Usen Kepala Dinas Kesehatan Flotim, dan Simon Hayon mantan bupati Flotim.

Anton Hayon bakal muncul dari pintu PDIP, sementara yang lainnya masih terus membangun komunikasi dengan Parpol yang ada. Sementara dokter Yoseph Usen akan maju melalui jalur independen dengan pasangannya Mel Fernandez mantan anggota DPRD Flotim.(bp)

Komentar ANDA?