Pilkada Sikka: Gerinda Dukung Stef Say

0
173
Foto: Fungsionaris DPP Partai Gerindra Pius Lustrilanang didampingi Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sikka Marselinus Litong saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah media di Hotel Pelita Maumere, terkait hasil survei Calon Bupati dan Wakil Bupati Sikka dari Partai Gerindra

NTTsatu.com – MAUMERE – Partai Beriakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Sikka hampir pasti akan memberikan dukungan kepada Fransiskus Stephanus Say sebagai calon bupati untuk bertempur di Pilbup Sikka Tahun 2018.

Hasil survey yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan posisi Wakil Ketua DPRD Sikka itu lebih tinggi persentasenya dibandingkan Paulus Nong Susar.

Hasil survey ini disampaikan Fungsionaris DPP Partai Gerindra Pius Lustrilanang kepada sejumlah media di Hotel Pelita, usai Rapat Kerja Khusus Cabang Partai Gerindra Kabupaten Sikka, Jumat (17/11). Hadir juga waktu itu Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sikka Marselinus Litong bersama Sekretaris Agustinus Pora.

Pius Lustrilanang mengatakan LSI melakukan survei secara umum, termasuk bakal calon dan bakal pasangan calon di luar Partai Gerindra. Dari hasil survei dengan berbagai metode, posisi Stephanus Say selalu unggul dari Paulus Noing Susar. Kecenderungan Partai Gerindra yakni memberikan dukungan kepada kader partai yang hasil surveinya lebih bagus.

Dia mengakui survei ini masih ada kekeliruan karena belum melibatkan pasangan bakal calon Yoseph Eripto Marviandi-Petrus Jelalu. Selain itu ada kekeliruan teknis, karena LSI melakukan survei terhadap pasangan bakal calon Fransiskus Roberto Diego-Yohanes Agustinus Masteriano, padahal seharusnya Fransiskus Roberto Diego-Romanus Woga. Meski demikian, hasil survei sudah dianggap final, karena tinggal perbaikan saja.

“Survei ini sifatnya final. Nanti kalau DPP Gerindra memutuskan memakai hasil survei ini, dan dianggap cukup, ya sudah bisa diputuskan. Dengan demikian sebenarnya sudah bisa dilihat kandidat mana yang akan diusung Partai Gerindra,” ujar Pius Lustrilanang.

Dia menambahkan meskipun sudah ada survei, namun untuk sementara belum bisa diumumkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sikka dari Partai Gerindra. Alasannya karena sampai sekarang belum ada satu partaipun yang memberikan jaminan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Karena itu Partai Gerindra meminta agar kandidat segera  memastikan koalisi partai.

Partai Gerindra Kabupaten Sikka memiliki 5 kursi di DPRD Sikka. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka telah menetapkan syarat pencalonan yakni mendapt dukungan dari minimal 7 kursi. Stephanus Say digadang-gadang berpasangan dengan Kasimirus Bara Bheri dari PKB yang memiliki 2 kursi di DPRD Sikka. Jika PKB memutuskan berkoalisi dengan Partai Gerindra praktis pasangan calon Stephanus Say-Cesar Bara Bheri sudah memenuhi syarat minimal yang ditetapkan KPU Sikka.

Hasil survei ini juga dibeberkan saat Rapat Kerja Khusus Cabang Partai Gerindra Kabupaten Sikka yang diikuti oleh pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Sikka dan pengurus dari kecamatan-kecamatan. Stephanus Say dan Paolus Nong Susar hadir pada kesempatan itu. Sementara Yoseph Eripto Marviandi tidak kelihatan. (vic)

Komentar ANDA?