Pj. Gubernur NTT menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023

0
415

NTTSATU.COM — KUPANG — Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur, dilaksanakan upacara yang bertempat di Halaman Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT pada Jumat (10/11/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, SH., MDC dan bertugas selaku Komandan Upacara, Kaintel Lanud El Tari Letkol Sus Ahmad Syarif, H., S.Sos.

“Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema _Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan_ . Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai sumber daya alam yang luar biasa. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara”, demikian Amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Penjabat Gubernur NTT.

Diterangkan Menteri Tri Rismaharini, Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945, karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

“Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora.” jelas Risma.

Lebih lanjut Menteri Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan oleh Pj. Gubernur menyampaikan bahwa, semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 merupakan semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui semangat gotong royong, bersama-sama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita”, ungkap Menteri Risma.

Untuk diketahui, pada waktu yang sama juga dilaksanakan Upacara ziarah bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional Dharma Loka Kupang dan Upacara Tabur Bunga bertempat di Dermaga Lantamal VII- Kupang.

Turut hadir pada upacara ini, Unsur Forkompimda NTT, Para Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dan Para Veteran. (sipers adpim)

Komentar ANDA?