PKK Matim Sosialisasi PMT di Kecamatan Kota Komba

0
577

NTTsatu.com — BORONG — Dalam rangka hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2021, Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur melakukan sosialisasi pentingnya PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada kader PKK di Kecamatan Kota Komba, selasa 23 Juni 2021, bertempat di Aula Kantor Camat Kotakomba.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Manggarai Timur, Theresia Wisang Agas, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Manggarai Timur, Alexandrina Anggal, serta angggota Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten Manggarai Timur.

Theresia Wisang, dalam paparannya kepada kader PKK, mengingatkan pentingnya peran TP PKK dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil, ibu menyusui dan juga balita, karena keseimbangan gizi menjadi faktor yang sangat penting bagi kualitas kesehatan dan pertumbuhan anak.

” Pemberian makanan tambahan (PMT) sebagai selingan dalam bentuk kudapan atau makanan penuh tetap perlu diperhatikan keseimbangan kandungan gizinya. Makanan merupakan salah satu faktor penting dalam pemulihan gizi bagi ibu hamil dan menyusui.‎ Dalam konteks ini kita sebagai kader PKK harus proaktif,” jelas Theresia.

Menurut Theresia konsep pelaksanaan pendidikan gizi dalam PMT lokal bagi ibu hamil dan balita harus melibatkan organisasi masyarakat yang ada khususnya TP PKK di tingkat kecamatan dan desa dengan tetap berada di bawah pengawasan tenaga kesehatan/puskesmas setempat.

“Masyarakat menyiapkan makanan lokal mulai dari memilih, mengolah, memasak, dan menyajikan yang sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil dan balita,” kata Theresia.

Pemenuhan gizi yang seimbang ditujukan untuk menekan angka stunting. Stunting disebabkan kekurangan gizi kronis yang berpotensi mengganggu pertumbuhan bayi, papar Theresia.

“Tidak hanya pembiasaan PMT yang diberikan satu kali dalam 24 hari tetapi juga pola asuh yang baik dapat menekan angka stunting dengan pengawasan sebelum dan sesudah program PMT.”ujarnya

Pantauan media peserta yang hadir dalam kegiatan Posyandu dan PMT di Kecamatan Kota Komba pada hari Rabu, (23/06/2021) berjumlah 61 peserta. Kepada media, Theresia mengapresiasi semangat peserta posyandu untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Theresia yakin bahwa masyarakat telah menyadari pentingnya makanan bergizi bagi ibu hamil dan menyusui sehingga dapat menekan angka stunting di wilayah kabupaten Manggarai Timur.

” Hari ini sangat luar biasa sebab peserta posyandu sangat antusias. Ini adalah salah satu hal positif yang menunjukkan bahwa ibu – ibu telah sadar akan kesehatan anak dan sadar akan pentingnya asupan gizi bagi tumbuh kembang anak-anak mereka,” pungkas Theresia. (*/bp)

Komentar ANDA?