PKPI Sikka Buka Pendaftaran Calon DPRD Sikka

0
353

NTTsatu.com – MAUMERE– Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 mendatang, Dewan Pimpinan Kabupaten Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (DPK PKP Indonesia) Sikka membuka pendaftaran Calon Legislatif untuk DPRD Kabupaten Sikka. Pendaftaran berlangsung selama tiga minggu, dibuka sejak Jumat (20/4) hingga berakhir pada Kamis (10/5).

Ketua DPK PKP Indonesia Kabupaten Sikka Hildegardis Sunur, Minggu (25/4) di Maumere, menjelaskan pendaftaran caleg DPRD Kabupaten Sikka dibuka untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sikka termasuk kader-kader PKP Indonesia Kabupaten Sikka.

“Pendaftaran tidak hanya untuk kader-kader partai. Tapi kami buka untuk umum. Ini untuk menunjukkan bahwa partai ini adalah milik rakyat,” jelas satu-satunya perempuan yang menjadi ketua partai politik di Kabupaten Sikka.

Dia menambahkan untuk menjadi calon DPRD Sikka melalui PKP Indonesia, seluruh persyaratan disesuaikan dengan perintah undang-undang. Antara lain Warga Negara Indonesia yang memiliki kartu tanda penduduk elektronik dan kartu keluarga, setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak pernah cacat hukum terutama amoral dan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme, serta memiliki ijazah minimal SMA/sederajat. Khusus ntuk ijazah, secara internal PKP Indinesia Sikka lebih memrioritaskan yang berijazah D3 hingga S1.
Selain itu PKP Indonesia Sikka mengatur syarat-syarat internal seperti siap menjadi anggota dan kader PKP Indonesia Sikka bagi pendaftar umum, tidak pernah mundur atau keluar dari keanggotaan PKP Indonesia Sikka, dan menandatangani semua pernyataan yang disyaratkan oleh partai.

Hildegardis Sunur mengatakan pendaftaran caleg DPRD Sikka berlangsung di Sekretariat PKP Indonesia di Jalan Cempaka Perumnas Kelurahan Madawat Kecamatan Alok. Setelah melakukan pendaftaran, Panitia Pendaftaran akan melakukan verifikasi administrasi serta wawancara calon-calon yang telah mendaftar.

PKP Indonesia Sikka, tambah dia, membuka pendafaran sebanyak mungkin calon legislatif. Nantinya, dalam proses secara internal, PKP Indonesia akan menentukan 35 calon legislatif yang didaftarkan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka pada 4 Juli 2018. Dia menegakan bahwa proses penetapan caleg PKP Indonesia Sikka merupakan mutlak kewenangan partai, dan tidak dapat diganggugugat oleh pihak mana pun termasuk pendaftar.

Sebagaimana diketahui, kuota DPRD Sikka pada Pemilu 2019 mendatang adalah sebanyak 35 kursi.KPU Sikka telah membagi empat daerah pemilihan di mana Dapil 1 terdiri dari Kecamatan Alok Barat, Alok, Alok Timur dan PaluE dengan alokasi 10 kursi, Dapil 2 terdiri dari Kecamatan Nele, Koting, Lela, Kewapante, Hewokloang dan Kangae dengan alokasi 7 kursi, Dapil 3 terdiri dari Kecamatan Bola, Doreng, Waigete, Mapitara, Waiblama, dan Talibura dengan alokasi 10 kursi, dan Dapil 4 terdiri dari Kecamatan Tanawawo, Paga, Mego, Magepanda, dan Nota dengan alokasi 8 kursi.  (vic)

 

Foto: Ketua PKP Indonesia Kabupaten Sikka Hildegardis Sunur; PKPI Sikka Buka Pendaftaran Calon DPRD Sikka

Komentar ANDA?