PLN Bawa Kapal Listrik ke Kupang

0
417

KUPANG. NTTsatu.com – Untuk mengatasi kekurangan daya listrik di Kota Kupang, manajemen PT PLN (Pesero) segera mendatangkan Kapal Listrik yang akan ditempatkan di Perairan Bolok, Kupang Barat, dekat dermaga PLTU Bolok. Sedangkan untuk kebutuhan jangka pendek mengatasi pemadaman saat ini, PLN mengirim tambahan mesin total kapasitas listrik 20 mega watt (MW).

Pada Jumat (4/12) Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan PT PLN (Persero) menyewa empat Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) selama 5 tahun. Kapal tersebut bernama Karadeniz Powership Zeynep Sultan yang didatangkan dari Turki.

Keempat ‘kapal listrik’ yang di sewa ini akan ditempatkan di daerah-daerah yang saat ini kekurangan listrik, yang mengakibatkan pemadaman bergilir ke pelanggan.

Salah dari dari keempat kapal listrik (marine vessel power plant) tersebut dikirim ke Kupang untuk total kapasitas pembangkit sebesar 60 Mega Watt (MW). Kontraknya sudah ditandatangani Direksi PLN awal Desember dan akan direalisasikan dalam semester pertama tahun 2016.

Selain itu, dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), tahun 2016, PLTU Swasta menambah 30 MW, yakni satu unit sebesar 15 MW beroperasi sekitar bulan Juni, dan unit kedua 15 MW masuk bulan Desember 2016.

Listrik dari Kapal PLTD akan diinjeksikan melalui Gardu Induk (GI) Bolok dan selanjutnya disalurkan melewati transmisi 70 kV menuju GI Maulafa, untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kota Kupang.

“Kalau sudah berfungsi, maka masalah listrik di Kupang akan teratasi, kebutuhan daya listrik terpenuhi. Karena tahun 2016, akan ada tambahan kapasitas sebesar 90 MW,” jelas General Manager PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur. (Humas PT PLN Wilayah NTT)

—–

Keterangan foto: Kapal Listrik yang akan melayani NTT

Komentar ANDA?