PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Selama Sidang Sinode GMIT

0
153

KUPANG. NTTsatu.com – PLN Rayon Rote Ndao bertekad  mengamankan pasokan listrik selama berlangsungnya Sidang Sinode GMIT ke-33 di Rote Ndao.

Tekad itu dibuktikan dengan melakukan pembersihan jaringan listrikyang berpotensi menjadi penyebab gangguan listrik. Para petugas dikerahkan melakukan perabasan terhadap pohon-pohon yang dahan dan ranting sudah mendekati jaringan listrik.

Manajer PLN Rayon Rote Ndao, Margi Setiyono, menjelaskan PLN Rote Ndao siap mensukseskan pelaksanaan semua persidangan Sinode GMIT di Rote. Wujud dukungan itu dilakukan dengan memastikan keamanan pasokan listrik, baik dari sisi pembangkit, jaringan dan instalasi di lokasi-lokasi persidangan.

Margi yang baru saja menggantikan Ruben Mira yang dipromosi menjadi Manajer Rayon Ruteng di Manggarai, mengatakan PLN Wilayah NTT dan PLN Area Kupang mengirimkan tambahan tenaga untuk memberi dukungan pelayanan listrik selama persidangan sinode. Sebagian anggota bantuan dari Kupang sudah tiba dan telah terlibat dalam pekerjaan peningkatan keandalan pembangkit di PLTD Rote.

Sedangkan karyawan PLN Rayon Rote bekerja maraton menyisir semua jaringan yang berkaitan dengan lokasi-lokasi persidangan, baik lokasi sidang utama maupun lokasi sidang-sidang komisi yang menyebar dari Metina hingga ke Lidamanu, Rote Barat Daya. Petugas melakukan perabasan dengan memangkas ranting-ranting pohon yang sudah dekat jaringan kabel, terutama kabel saluran udara tegangan menengah (SUTM).

“Dengan melakukan perabasan pohon-pohon, kami mengantisipasi dan mencegah potensi gangguan listrik dari sisi jaringan. Petugas juga melakukan pelurusan tiang-tiang listrik yang miring,” kata Margi.

Langkah PLN Rayon Rote lainnya, lanjut Margi, dengan mengaudit jaringan instalasi di lokasi persidangan utama di Auditorium Ti’i Langga, untuk memastikan daya listrik, kekuatan instalasi, dan penggunanan peralatan elektronik yang sesuai. Juga mendampingi seksi perlengkapan panitia agar melakukan penarikan kabel dan pemasangan terminal secara tepat.

“Petugas kami juga disebar ke lokasi gereja-gereja yang akan menjadi tuan rumah sidang-sidang komisi. Petugas memastikan kapasitas listrik, keandalan instalasi dan pengembangan instalasi lainnya sesuai kebutuhan kegiatan. Juga memberi edukasi kepada penanggung jawab di setiap gereja agar berhati-hati dalam menggunakan listrik,” tambah Margi.

Margi memohon bantuan Pemerintah Daerah Rote Ndao dan panitia pelaksana agar mengimbau kepada Jemaat dan masyarakat yang memiliki pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar bersedia merelakan pohonnya ditebang atau dirabas oleh petugas PLN. Sebab kejadian listrik padam di Rote selama ini sebagian besar penyebabnya akibat jaringan SUTM yang terkena ranting-ranting pohon. (humas PT PLN wilayah NTT)

======

 Foto: Petugas PLN Rayon Rote Ndao melakukan pembenahan jaringan listri di Rote Ndao

Komentar ANDA?