PLN NTT Siap Sukseskan UNBK SMA/SMK

0
176
Jpeg

KUPANG. NTTsatu.com – PLN WILAYAH NTT siap menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2015/2016. Semua Unit PLN telah memastikan kesiapan pasokan listrik dengan mengunjungi semua sekolah yang mengikuti UNBK.

General Manager PLN NTT, Richard Safkaur, sejak awal bulan Maret 2016 telah menginstruksikan jajaran PLN di NTT di tingkat Area dan Rayon untuk melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan setempat dan pimpinan sekolah peserta UNBK. Koordinasi untuk memastikan kesiapan pasokan listrik dan mengecek kesiapan jaringan listrik internal sekolah-sekolah penyelenggara UNBK.

Manajer PLN di Area Kupang, Area Sumba, Area Flores Bagian Barat dan PLN Area Flores Bagian Timur, telah melaksanakan koordinasi melalui pimpinan PLN Rayon di kabupaten yang terdapat sekolah peserta UNBK.

Data dari Kementerian Pendidikan Nasional menyebutkan peserta UNBK di Provinsi Nusa Tenggara Timur dari 13 kabupaten/kota, dengan 32 SMK/SMA, terdiri dari 24 SMK dan 8 SMA. Jumlah sekolah peserta UNBK terbanyak di Kota Kupang, yakni enam sekolah, terdiri dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 5 sekolah, yakni, SMK Negeri, 1,2,3,4 dan SMK Negeri 6. Sedangkan SMAK Giovani adalah satu-satunya peserta dari SMA.

“Dari aspek kesiapan pasokan listrik, khusus Kota Kupang, PLN memiliki daya yang cukup untuk mendukung pelaksanaan UNBK. Kami pun sudah mengkondisikan hal serupa di rayon-rayon (kabupaten,red) yang memiliki sekolah yang menjadi peserta UNBK,” jelas Safkaur.

Jumat, 1 April 2016, Richard Safkaur, melakukan kunjungan untuk mengecek kesiapan pasokan listrik dan meninjau istalasi di ruang-ruang UNBK di SMK Negeri 3, salah satu peserta UNBK di Kota Kupang. Safkaur didampingi Manajer PLN Area Kupang, Maria Gunawan dan Manajer PLN Rayon Kupang, Margaretha Yupukoni, menyaksikan staf PLN bersama petugas teknis SMK Negeri 3 mengecek kesiapan jaringan listrik dan asesoris.

Manajer PLN Area Kupang, Maria Gunawan dan Manajer PLN Rayon Kupang, Margaretha Yupukoni, beberapa waktu lalu sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota, untuk mendapatkan informasi sekolah-sekolah peserta UNBK di Kota Kupang. PLN kemudian mengunjungi enam sekolah di Kota Kupang untuk memerika dan memberi advis kepada pihak sekolah langkah-langkah untuk mengamankan pasokan listrik, serta mencegah dan mengantisipasi terjadi gangguan pasokan listrik yang bersumber dari internal sekolah.

Maria Gunawan dan Margaretha Yupukoni secara maraton berkunjung ke enam sekolah sejak Kamis (31/3) dan Jumat (1/4).  Hal yang disampaikan Maria Gunawan ke pihak sekolah adalah penambahan daya listrik di sekolah agar cukup untuk semua komputer/laptop, server, scanner, mesin pendingin ruangan dan lainnya. PLN memeriksa keandalan instalasi internal sekolah mulai dari tegangan masuk, beban pemakaian sekolah, peralatan UNBK dan “back up supplay” menggunakan genset.

“Kami juga akan menyiagakan piket di semua sekolah penyelenggara UNBK, masing-masing dua orang, selama masa ujian berlangsung,” jelas Maria Gunawan.

Kepala SMK Negeri 2 Kupang, Silas Kase, Kamis (31/3) menyampaikan terima kasih kepada pihak PLN yang serius dan berinisiatif mengunjungi sekolahnya untuk memastikan keandalan pasokan listrik di sekolah.  Hal senada disampaikan oleh PLH Kepala SMK Negeri 3 Kupang, Jumat (1/4).

“Sebagai sekolah dengan peserta UNBK terbesar kategori SMK di Kota Kupang, yakni sebanyak 524 peserta didik, kami agak kuatir dari sisi pasokan listrik, karena ini untuk pertama kali kami mengikuti ujian berbasis komputer. Tetapi puji Tuhan, sebelum kami minta, PLN telah lebih dahulu mendatangi kami dan banyak membantu memberi petunjuk dari aspek kelistrikan,” ungkap Silas Kaseh, Kepala SMK Negeri 2 Kupang.

Pihak SMA Katolik Giovani Kupang, juga sangat berterima kasih karena PLN sudah mengukur dan memeriksa instalasi internal sekolah. “Kami juga berterima kasih, karena petugas PLN Rayon Kupang telah membantu menyiapkan genset kami untuk disetting menjadi ‘back up power supply’ terutama untuk mengamankan ruang server,” kata Romo Sintus.  (humas pt pln wilayah ntt)

=====

Keterangan Foto: PLN memeriksa rangkaian jaringan listrik ke komputer di salah satu ruangan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 2 Kupang.

Komentar ANDA?