PNS Adalah Orang Pilihan

0
226

KUPANG, NTTsatu.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah orang-orang pilihan. Karena menjadi orang pilihan itulah maka mereka harus menjadi ujung tombak pelayanan publik pemerintahan dan pembangunan.
Demikian Asisten I Setda Provinsi NTT, Johanna E. Lisapaly, ketika membuka nkegiatan prajabatan bagi PNS Golongan III Angkatan IV-V Lingkup Pemerintahan Kabupaten Se-NTT. Jumat (08/5) di Badan Diklat Provinsi NTT.
Lisapaly menegaskan, PNS harus memiliki kompetensi dan profesionalitas dengan berlandaskan nilai-nilai dasar PNS. Dengan memiliki nilai nlebih itulah maka mereka bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.
Menurutnya, PNS adalah orang-orang pilihan karena lulus seleksi dari sekian banyak orang yang mengikuti tes. Karenanya,PNS harus terus mengasah dan mengembangkan diri sehingga terbentuklah karakter sebagai PNS yang professional.
Dia mengingatkan, diklat prajabatan memiliki peran strategis untuk membentuk PNS berkarakter. “Diklat prajabatan adalah sesuatu yang wajib bagi CPNS sebagai syarat untuk menjadi PNS sesungguhnya,” katanya.
Asisten Tata Pemerintahan itu juga mengingatkan para peserta bahwa Diklat bukan hanya sekadar formalitas belaka. Diklat pola baru sangat menekankan komitmen dari peserta untuk mengikuti diklat secara bertanggung jawab. Perubahan dalam diklat pola baru bukan hanya soal waktu tapi terutama metode di mana tujuannya untuk hasilkan PNS berkualitas.
“Dengan menerapkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS diharapkan lahir pemimpin-pemimpin perubahan di masa mendatang,”harap Lisapaly.
Dia meminta Peserta Diklat untuk disiplin dalam mengikuti diklat. Para Mentor, instruktur, dan widyaiswara juga diharapkan memberikan pengetahuan dan pencerahan kepada peserta sehingga sikap dan keterampilan yang mumpuni.
Ia juga mengharapkan Panitia Diklat untuk bekerja sungguh-sungguh sehingga diklat berjalan aman dan sukses.
Ketua Panitia, Dominikus Taek dalam laporannya menjelaskan tujuan utama Diklat prajabatan adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap CPNSD untuk melaksanakan tugas-tugas dengan berlandaskan etika PNS. Selanjutnya ia menguraikan Peserta Diklat Prajabatan kali ini berjumlah 79 orang dari  Kabupaten Nagekeo, Flores Timur dan Balai POM.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kaban Diklat Provinsi NTT, Drs. Klemens Meba, MM, para mentor dari kabupaten dan instansi vertikal serta para widyaiswara. (ayu)

Komentar ANDA?