Polo Maing, Putra Lembata Jadi Sekda NTT

0
459
Foto: Benediktus Polo Maing yang akan dilantik menjadi Sekda NTT, Rabu 30 Agustus 2017

NTTsatu.com – KUPANG – Benediktus Polo Maing yang selama ini menjabat sebagai Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Nusa Tenggara Timur sudah ditetapkan menjadi Sekretaris Daerah (Sekda NTT).  Pelantikan akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Putera Lembata ini menggantikan Fransiskus Salem yang sudah memasuki masa purna tugas sekitar dua bulan lalu. Jabatan Sekda selama dua bulan ini dipegang oleh pelaksana tugas Sekda, Emanuel Kara yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT.

Kepastian Polo Maing menjadi  Sekda itu berdasarkan Keputusan Presiden RI yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan Sekretaris Daerah (Sekda) NTT definitif. Keppres yang dikeluarkan pasca rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin presiden.

Dirjen Otonomi Daerah, Soni Sumarsono di Jakarta, Senin (21/8), mengonfirmasi berita ini dengan mengatakan bahwa Keppres tentang Sekda NTT sudah dikeluarkan Istana. Sesuai rencana, proses pelantikan terhadap pejabat terpilih dilakukan pekan depan.

“Sudah ada (Keppres, Red). Minggu depan dilantik. Sesuai usulan Gubernur NTT yang terpilih nomor satu (Benediktus Polomaing, Red),” kata Soni.

Tidak hanya Soni, informasi tentang sudah terbitnya Keppres terkait penetapan Sekda NTT ini juga dibenarkan Mendagri Tjahjo Kumolo. “Sudah kelar Keppresnya.”

Sebelumnya, Gubernur NTT Frans Lebu Raya telah menyerahkan tiga nama calon Sekda NTT ke Presiden melalui Mendagri yakni Benediktus Polomaing, Sisilia Sona dan Tini Thadeus.

Ketiga nama tersebut diajukan setelah sebelumnya mengikuti seleksi terbuka dan kompetitif yang dilakukan Pemprov NTT melalui Panitia Seleksi (Pansel) dipimpin Sekda Fransiskus Salem.

Proses seleksi dilakukan berdasarkan amanat Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Dengan ditetapkannya Benediktus  Polo Maing sebagai Sekda NTT, maka jabatan yang lowong kurang lebih dua bulan ini segera terisi.

Terpilihnya Ben Polomaing ini sudah diprediksi sebelumnya. Dari tiga nama yang diusul, dia memang menjadi calon nomor satu yang diusul Gubernur NTT, Frans Lebu Raya. Apalagi hasil fit and proper test juga menempatkan Ben Polomaing di posisi pertama sebagai calon Sekda NTT. (*/bp)

Komentar ANDA?