Presiden Jokowi Akan hadir Dalam Seminar Nasional “NTT Rumah Pancasila”

0
213
Foto: Sekda NTT, Frans Salem bersama Ketua FPK NTT, Pius Rengka saat memimpin rapat di ruang rapat Sekda, Jumat, 19 Mei 2017

NTTsatu.com – KUPANG – Presiden Joko Widodo hampir pasti menghadiri  Seminar Nasional bertema “NTT Rumah Pancasila” yang dijadwalkan tanggal 30 Mei 2917 di Kupang. Presiden sebagai keynote speaker dalam seminar yang digagas oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) NTT dan didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi NTT.

Sekda NTT, Frans Salem dalam rapat bersama FPK dan sejumlah unsur terkait lainnya di ruang rapat Sekda usai peninjauan lokasi Monumen Garuda Pancasila, Jumat, 19 Mei 2017 itu mengatakan, Gubernur sedang melakukan negosiasi dengan Presiden agar bisa hadir dalam seminar  tersebut.

Selain Presiden sebagai keynote speaker dalam seminar tersebut, akan hadir juga narasumber Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), KH Said Aqil Siradj,  Narasumber lainnya adalah Rektor Undana Kupang, Fritz Benu dan Dr. Acry Deo Datus.

“Kita berharap Pak Presiden bisa hadir juga Pak KH Said Aqil Siradj dengan membawa pesan untuk masyarakat NTT ditengah suasana negara yang sedang bergejolak saat ini,” katanya.

Pius Rengka, Ketua FPK kesempatan itu memaparkan ide awal Seminar Nasiona bertema “NTT Rumah Pancasila” hingga pembangunan Munumen Garuda Pancasila yang mendapat dukungan penuh dari Gubernur dan Sekda NTT.

Pius Rengka menjelaskan, ide yang disebutnya “ide gila” lahir ketika FPK ingin melakukan sesuatu untuk bangsa dan negara ini, ketika negara ini mulai dilanda situasi yang terus bergejolak di tingkat nasional.

“Kita ingin melakukan sesuatu dari Kupang, dari NTT untuk Indonesia. Karena itu kita gagaskan seminar ini kemudian muncul ide membangun Munumen Garuda Pancasila untuk menujukkan kepada negeri ini bahwa Pancasila memang lahi8r di persada Flobamora ini,” kata Pius Rengka.

Sementara ibu Kepala Badan Kesbangpol da Linmas NTT, Sisilia Sona melaporkan, secara dministrasi kegiata semiar itu sudah beres. Undangan untuk Bapak Presiden dan Ketua Umum PB NU juga sudah diserahkan bahwak Ketua Umum PB NU juga sudah menyatakan kesediaannya hadir dalam seminar tersebut.

Undangan sebagai peserta semiar sudah dan sedang didistribusikan dan diharapkan hadir dalam seminar ini.

Peserta yang diundang dari luar NTT adalah Kepala Badan Kesbangpol Provinsi bersama Ketua FPK Provinsi di seluruh Indonesia, pimpinan DPR RI dan DPD RI. Di NTT, seluruh bupati/walikota dan Kepala Badan Kesbangpol serta Ketua FPK tingkat kabupaten/kota seprovinsi NTT, Forum-forum mitra pemerintah, Tokoh agama, tkoh masyarakat dan tokoh pemuda, ormas kemahasiswaan yang ada di tingkat provinsi NTT.

“Kita prediksikan peserta yang hadir sekitar 300 orang lehih dan kita merencanakan tempatnya di Aula Sadando Kantor Gubernur NTT,” katanya. (bp)

Komentar ANDA?