Prodi Biologi FKIP Unwira “Dekatkan Laut” Ke SD Inpres Kobelete Kota SoE TTS

0
1390
NTTSATU.COM — TTS —  Dosen dan Mahasiswa dari Prodi Pendidikan BiologiFKIP UNWIRA Kupang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SD Inpres Kobelete Kota Soe Ibukota Kabupaten  Timor Tengah Selatan (TTS), Selasa 7 Desember 2021.
Tim pelaksana kegiatan yang dipimpin oleh Imelda Sombo,S.Pd.M.Si, melaksanakan kegiatan dengan topic Pengenalan Keanekaragaman Jenis Biota Laut dan Lingkungannya.

Imelda Sombo, salah satu Dosen Muda di Prodi Biologi FKIP Unwira itu mengemukakan alasan menggelar kegiatan dengan tema tersebut di salah satu SD Kota Soe, yaitu bahwa jarak Kota Soe dengan air laut sangat jauh, sehingga anak-anak kurang atau tidak mengenal biota laut.

“Anak-anak di sekolah yang terletak di daerah yang jauh dengan laut, seperti SD di dalam Kota Soe ini, maka tentu anak-anak kurang mengenal biota laut dan lingkungan laut, sedangkan materi pelajaran tentang keanekaragamanmakhlukhidup,termasuk biota laut, jugadipelajariolehanak-anak SD. Mereka tentu hanya lebih kenal jenis-jenis ikan yang dikonsumsi, sedangkan biota laut lainnya yang beraneka ragam, tentu tidak dikenal secara baik”, demikian Imelda menguraikan alasannya menggelar kegiatan tersebut, yang untuk tahap awal ini dilakukan di SD Inpres Kobelete, dan pada murid kelas 4, 5 dan 6.

Materi kegiatan yaitu Mengenal biota laut dan ligkungannya melalui gambar-gambar dan video animasi, serta biota laut yang dilindungi, yang dipaparkan oleh Imelda sebagai ketua tim.Materi lain yaitu Mengenal pencemaran lingkungan laut dan dampaknya, yang dibawakan oleh rekan satu tim yakni Gertrudis W Nau,S.Pd.M.Si. Pelaksanaan kegiatan diselingi dengan permainan yang melibatkan anak-anak khalayak kegiatan, seperti dance baby shark, games puzzle dan kuiz berhadiah. Dilakukan pula aksi pernyataan dari anak-anak peserta kegiatan untuk turut melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan laut, melalui cap tangan diatas kain.

Elensia Aopah, murid kelas 6, peserta kegiatan, saat diwawancarai mengemukakan rasa senang dan gembira karena bisa belajar materi baru. Elensia juga menjadi peserta kegiatan yang berhasil mendapat hadiah karena mampu menjawab pertanyaan kuiz yang dilaksanakan pula oleh tim.

Kepala SD Inpres Kobelete Soe, Ambrosius Siku mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang luar basa, yang telah dilakukan oleh tim dari Unika Widya Mandira Kupang.
“Di saat pandemic covid yang cukup mengganggu proses pembelajaran di kelas, namun kehadiran tim dari Unwira Kupang dengan metode pebelajaran yang luar biasa, yang dibawakan oleh Dosen dan Mahasiswa, sangat membantu kami. Kegiatannya sangat membantu membangkitkan semangat belajar anak,” katanya. (*)

Komentar ANDA?