Program TMMD Menggugah Semangat Gotong Royong TNI dan Masyarakat Untuk Bangun Daerah

0
744
NTTsatu.com — KUPANG — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang berlangsung sejak 1980 masih terus dilaksanakan setiap tahunnya sampai dengan saat ini. Pada pertengahan tahun 2021, Kodim 1604/Kupang telah memasuki TMMD yang ke-111.

 

Sebelum pelaksanaan TMMD, Pemilihan tempat dan sasaran (TMMD) Ke-111 telah dilakukan melalui survey bersama oleh Kodim 1604/Kupang bersama pemerintah daerah dan instansi yang terkait.

Komadan Koramil 1604-03/Amarasi Kapten Inf. Lalu Yuli Ifnu Fajar mengungkapkan, kehadiran TMMD di tiga desa di kecamatan Amarasi Selatan telah membangkitkan kembali semangat gotong-royong.

“Kehadiran TMMD di Amarasi Selatan ini telah membangkitkan kembali semangat gotong royong masyarakat baik tua maupun muda, bahkan perempuan dan anak-anak pun ikut andil dalam kebersamaan, dalam semangat gotong royong,” ungkap Kapten Fajar.

Semangat kebersamaan atau gotong royong terlihat mulai dari hari pertama TMMD sampai saat ini, sehingga semua pekerjaan yang beratpun terasa ringan. Terlihat juga para ibu-ibu sibuk memasak untuk sajian sarapan, makan siang, dan makan malam untuk anggota Satgas dan masyarakat yang bekerja.

Untuk itu, dalam pelaksanaan TMMD, TNI tidak bekerja sendiri. TNI menggandeng banyak pihak, terutama masyarakat setempat. Pada TMMD ke-111 dengan tema ‘Sinergi untuk Membangun Negeri’, kehadiran TMMD adalah untuk membantu Pemerintah Daerah, guna mendorong akselerasi pembangunan nasional hingga tersebar ke pelosok di beberapa kabupaten/kota se-Indonesia untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan riil masyarakat.

“Harapan saya semoga gotong-royong, semangat kebersamaan ini kita terus pelihara, nilai budaya gotong-royong terus kita hidupkan dalam membangun daerah Kabupaten Kupang. Hasil program TMMD ini semoga dapat bermanfaat secara maksimal dan menyejahterakan masyarakat,” pungkas Kapten Fajar. (*/tim)

Komentar ANDA?