Prosesi Laut Berjalan Aman

0
157

LARANTUKA. NTTsatu.com- Prosesi Laut mengantar Tuan Meninu (arca bayi Yesus) dari Kapela Tuan Meninu menuju Taman Kuce berjalan aman dan lancar. Selanjutnya arcah Tuan Meninu itu akan di antar ke Armida Tuan Meninu di Pohon Siri Larantuka.

Puluhan perahu motor, peledang dan sampan mengantar ribuan umat Katolik dalam prosesi laut itu. Semula banyak orang ragu mengikuti proses laut karena takut terjadi peristiwa dua tahun silam, namun karena iman mereka yang kuat, mereka mengikuti prosesi laut itu dengan aman hingga selesai.

Proses laut mengantar Tuan Meninu dengan kendaraan laut melintasi jarak sekitar 3 km diwarnai dengan doa dan lagu-lagu rohani yang dikundangkan dari setiap kendaraan laut yang mengikuti prosesi tersebut.

Ribuan umat Khatolik dari berbagai daerah di Tanah Air ber baur dengan warga setempat untuk mengikuti Prosesi Laut yang merupakan bagian dari tradisi Jumat Agung di Larantuka.

Pantauan NTTsatu.com, sejak pagi hari Umat Katolik sudah memadati Kapela Tuan Meninu tempat bersemayamnya Tuan Meninu. Umat yang datang itu kemudian naik ke atas kendaraan laut yang disiapkan setelah penciuman patung Tuan Meninu. Kendaraan yang disiapkan itu mulai dari sampan atau pledang hingga kapal motor baik kapan motor ikan maupun kapal motor pelayaran rakyat di daerah itu.

Setelah Tuan Meninu tiba di Pantai Kuce, depan Istana Raja Larantuka, kemudian dilanjutkan dengan berbagai prosesi di antaranya mengantar salib dari kapela ke armida sebelum digelar prosesi Jumat Agung pada malam harinya. (rin/bp)

=====
Foto: Sampan-sampan para nelayan juga tidak ketinggalan mengikuti prosesi laut mengatar Tuan Meninu menuju pante Kuce Kota Larantuka

Komentar ANDA?