PT DCC Jalin Kerjasama Atasi Masalah Air Bersih

0
569

NTTsatu.com – KUPANG – Badan usaha swasta PT DCC atau Dain Celicani Cemerlang menawarkan kerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) guna mengatasi persoalan air bersih.

“Masalah air di Kota Kupang cukup memprihatinkan  saya ingin proyek ini akan segera terjadi guna memberikan kesejahteraan pada warga dalam menikmati air bersih yang sangat di tunggu-tunggu,” kata Presiden Direktur PT Dain Celicani Cemerlang, David Suryabara saatmempresentasikan pembangunan air bersih, Rabu, 26 Juni 2019.

Direktur Teknik PT Dain Celicani Cemerlang, Heri Syahri mengatakan data produksi air bersih PDAM Kota Kupang hanya 150 liter per detik, sedangkan kebutuhan riil yang harus dipenuhi idealnya 300 liter per detik guna pemenuhan kebutuhan air bersih bagi seluruh warga Kota Kupang.

“Ini untuk percepatan dengan konsep pelayanan masyarakat, dan sistem pengelolaan air permukaan yang ramah lingkungan serta aman,” kata Heri Syahri.

Asisten Pemerintahan kota Kupang, Eli Wairata, mengatakan ketersediaan air baku di Kota Kupang sangat terbatas meski memiliki bendungan, sehingga air bersih menjadi kebutuhan yang hakiki.

“Sumber air baku kami masih terbatas, meski sudah dioptimalisasi tapi  belum mencukupi. Ini kendala kami,” kata Ely Wairata.

Kali dendeng dan kali Liliba direncanakan akan dijadikan lokasi pembangunan instalasi air bersih berbasis pengelolaan air permukaan dari sungai dan danau yang ramah lingkungan dan aman menjadi tawaran kerjasama yang diajukan perusahaan tersebut. (*/bp)

Komentar ANDA?