PT NTC Pertahankan Keaslian Kopi Manggarai

0
3710

RUTENG. NTTsatu.com – PT Nutraco Pratama Indonesia (NTC) sejak tahun 1991  mulai melakukan pengolahan kopi asli Manggarai dengan merek NTC atau dikenal dengan nama kopi Flores. Dan pada tahun 1994, NTC memperoleh penghargaan  Achievement Award For Export dari Presiden Indonesia karena rasa keaslian khas kopi tersebut.

Polce Ziku kepala pimpinan Cabang PT NTC Ruteng kepada NTTsatu.com di Ruteng, kemarin menjelaskan, kopi lokal Manggarai yang dikelola menjadi kopi bubuk bermerek NTC atau kopi Flores merupakan kopi Jenis Robusta dan Arabika yang sudah dikenal di dunia,

”Selama ini kita beli kopi dari pedagang dan petani Manggarai kemudian kita proses melalui teknologi yang ada hingga menghasilakn bubuk kopi bermerek NTC,” katanya.

Polce menjelaskan, biji kopi yang dibeli dari petani itu kemudian disortir untuk memilih biji kopi yang layak untuk diporses menjadi kopi bubuk NTC.

“Tidak semua biji kopi yang dibeli itu diproses. Kami memang sangat berhati-hati memilih kopi  berkualitas untuk diproses kemudan dipasarkan dan laku di pasaran,” tandanya.

Diuraikannya, setelah proses penyortiran biji kopi itu, dilanjutkan dengan penggofrengan pada mesin Sangrai yang merupakan mesin  PT  NTC berkulitas tinggi dan punya daya saing dengan perusahaan-perusahaan kopi lainya. Usai penggorengan, kopi digiling menjadi kopi bubuk dengan mesin berkualitas tinggi juga.

“Tentu saja kami merasa bangga dengan produk NTC,setelah melalui berbagai penelitian dan eksperimen secara intesif kami berhasil mempersembahkan sebuah citra rasa kopi istimewa asal Manggarai,” paparnya.

Kopi bubuk itu kemudian dikemas juga dengan kemasan sachet berkualitas merek NTC selanjutnya didistribusikan ke toko-toko di Kota Ruteng, ke luar Kota Ruteng seperti di daratan Flores ,Timor dan sumba.

Dikatakannya, setiap bulan kopi NTC terjual di pasaran 10 hingga 12 ton kopi bubuk dengan dibantu dari Jakarta Pusat PT NTC dan cabang di Surabaya kopi NTC dipasarkan di hotel, café, restoran di pulau Jawa dan sumatera.

Dikatakan Polce, untuk menjaga mutu kopi Flores tersebut pihaknya memiliki tim penunjang untuk masalah-masalah teknis. Bahkan perusahan ini selalu menggelar pelatihan bagi karyawan.

Dia berharap  dengan 15 karyawan dan 30 tenaga harian di PT NTC Ruteng akan terus melaksanakan produksi kopi NTC dengan mempertahankan komitmen pada kualitas kopi asli petani Manggarai. (mus)

======

Keterangan Foto : Polce Ziku Kepala NTC Ruteng  saat memperkenalkan prodak kopi NTC

Komentar ANDA?