Reka Ulang Kasus Brigadir J, Wapres: Jangan Ada yang Ditutup – tutupi Harus Dibuka

0
221
NTTSATU.COM — JAKARTA —  Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan bahwa rekonstruksi  di Duren Tiga berjalan sesuai dengan keinginan Presiden, Selasa, 30/8/2022.
Ma’ruf Amin mengharapkan agar tekonstruksi  perkara yang melibatkan Ferdy Sambo sebagai tersangka  dapat berjalan dengan baik dan tidak ada yang ditutup – tutupi. 

“Saya kira (rekonstruksi) itu memang sesuai keinginan Presiden, supaya terus diproses tuntas, jangan ada ditutup-tutupi. Semua dibuka,” ungkap Ma’ruf Amin.

Menurut Ma’ruf, rekonstruksi tersebut terjadi di dua tempat, yakni Jalan Saguling III dan rumah dinas Kadiv Propam Polri di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Proses reka ulang dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi dan dimulai pukul 10.00 WIB.

Ma’ruf Amin kembali mengatakan agar kasus dugaan pembunuhan berencana itu tetap terus diproses secara tuntas dan tidak ada yang ditutup-tutupi, sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo.

Wapres Ma’ruf juga menambahkan bahwa rekonstruksi  perkara itu bisa menjadi titik terang dalam pengungkapan kasus tersebut.

“Untuk membuktikan (perkara), selain di BAP (Berita Acara Pemeriksaan) juga direkonstruksi untuk mencocokkan, untuk meyakinkan apa yang selama ini di BAP, supaya lebih jelas,” tambahnya.

Sekadar diketahui, di Kawasan Saguling menjadi tempat kejadian perkara (TKP) pertama rekonstruksi   perkara yang dihadiri perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan jaksa penuntut umum (JPU).

Menurut hasil penyidikan, perencanaan penembakan kepada Brigadir J telah direncanakan di rumah Saguling yang merupakan rumah pribadi Ferdy Sambo yang Kemudian di eksekusi di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga.

Terdapat dinding bekas tembak menembak yang menjadi saksi skenario Ferdy Sambo.

Dengan rekonstruksi  tersebut, maka titik awal terjadinya masalah yang menjadi pemicu pembunuhan Brigadir J dapat terungkap. (*/bp)

Komentar ANDA?