Rekomendasi Tiga Nama Calon Sekda NTT, Pansel Tunggu Penilaian BKN

0
622
NTTSATU.COM — KUPANG —  Pelaksanaan tahapan seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT untuk menggantikan Benediktus Polo Maing yang memasuki masa purna tugas pada bulan Mei telah berakhir.

 

Dengan berakhirnya seleksi yang diikuti oleh enam orang peserta, panitia seleksi (Pansel) belum bisa merekomendasikan tiga nama kepada Gubernur karena masih menunggu hasil penilaian dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Sekda NTT, Benediktus Polo Maing, saat ditemui wartawan   media ini di Gedung DPRD NTT,  Rabu (20/4/2022) siang, menjelaskan bahwa tahapan seleksi sudah dilewati oleh para kandidat calon sekda setelah diumumkan lolos administrasi.

Calon tersebut telah menjalani sejumlah tahapan seleksi yakni uji kompetensi manajerial, uji kompetensi bidang dan wawancara akhir pada tanggal 8 April lalu.

Setelah melalui tahapan seleksi dan mendapatkan hasil penilaian, kata Benediktus Polo Maing, akan diajukan tiga nama peraih nilai atau rangking tertinggi.

Dikatakan, meski demikian, pansel belum memperoleh nilai dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim dari BKN sehingga belum bisa mengusulkan tiga nama kepada Gubernur.

“Kita sedang menunggu hasil seleksi manajerial dari tim BKN. Jika hasil tersebut sudah diperoleh maka pansel melakukan kompilasi hasilnya baru kita laporkan ke Bapak Gubernur,” katanya.

Diketahui dari hasil seleksi tersebut kemudian, melalui kewenangan yang ada Gubernur akan mengusulkan tiga nama ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Lanjutnya, diperkirakan hasil seleksi pansel Manajerial baru akan turun pada pertengahan April. “Mungkin hasil seleksi Pansel Manajerial akan turun pada akhir April,” tandasnya.

Ia menambahkan, rencananya akhir April, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat sudah bisa mengirimkan tiga nama ke  KASN untuk menetapkan Sekda NTT definitif.

“Targetnya kalau seleksi tim Manajerial sudah masuk maka kita akan serahkan untuk dikirimkan ke KASN supaya menetapkan sekda definitif,” ujar Ben Polo Maing.

Untuk diketahui, Keputusan Ketua Panitia Seleksi Nomor 06/Pansel JPT/IV/2022 tanggal 1 April 2022 tentang penetapan peserta yang memenuhi syarat administrasi pada seleksi terbuka itu masing-masing, Benediktus Wahon, jabatan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Barat, Septenius M. Bule Logo Sekda Kabupaten Sabu Raijua, Henderina S. Laiskodat, Kepala Badan Kepegawaian Daerah NTT.

Selain itu, Domu Warandoy, Sekda Kabupaten Sumba Timur , Ruth Diana Laiskodat, Kepala Inspektorat Daerah NTT dan Cosmas Damianus Lana, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) NTT. (JUBIR/bp)

Komentar ANDA?