Ribuan Umat Islam Kota Kupang Gelar Takbiran

0
170
Foto: Sejumlah kendaraan dihias untuk mengikuti Takbiran Keliling Kota Kupang, Selasa, 05 Juli 2016 malam

KUPANG, NTTsatu.com –  Ribuan Umat Islam di Kota Kupang. Selasa, 5 Juli 2016 malam menggelar takbiran Idul Fitri keliling Kota Kupang. Takbiran itu sempat membuat lalulintas macet di beberapa ruas jalan.

Takbiran yang diikuti ratusan kendaraan roda empat dan roda dua itu mengambil titik star dari Mesjid Raya Kota Kupang menyusuri jalan Soekarno  terus ke Jalan Ahmad Yani, jalan Timor Raya, kemudian lanjut ke pulau Indah menuuu jalan Frans Seda, masuk ke jalan El Tari dan Jalan Soedirman selanjutnya kembali ke Jalan Soekarno dan finish di Mesdjid Raya Kupang.

Pantauan NTTsatu.com di Mesjid Raya, sejumlah personil polisi dan pasukan Remaja Mesjid mulai mengatur lalu lintas kendaraan menjelang sholat tarawih terakhir.

Pawai Takbiran ini sebagai sebuah ungkapan rasa syukur dan terima kasih karena mereka telah menyelesaikan puasa selama bulan Puas dan berhasil mengahalu aneka godaan dan cobaan selama bulan puasa.

Untuk dketahui, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyatakan bahwa 1 Syawal 1437 H tahun ini bertepatan dengan Hari Rabu 6 Juli 2016. Hal ini setelah tim dari Kemenag yang melakukan pemantauan tidak dapat melihat hilal.

“Karena tidak ada satu pun tim yang melihat hilal, maka bulan Ramadan disempurnakan 30 hari. Maka besok, hari Selasa kita masih puasa. Satu Syawal lusa bertepatan dengan Hari Rabu 6 juli 2016,” ujar Lukman Hakim di Kantor Kemenag, Senin (4/7).

Menurut Menag, 90 tim pemantau hilal di seluruh penjuru tanah air petang ini tidak dapat melihat hilal. Petang ini posisi hilal masih di bawah ufuk.

“Hasil hitungan hisab dikonfirmasi dari semua titik dari semua provinsi di Indonesia, 90 titik petugas Kemenag di bawah sumpah melakukan rukyah, tidak ada satu pun ada yang melihat hilal,” ujar Menag (bp)

 

Komentar ANDA?