Rizal Ramli Siap Bantu Keuskupan Larantuka

0
365
Foto: Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung didampingi Wakil Bupati Flotim, Valens Tukan (kiri) dan Ketua DPRD Flotim, Yoseph Sani Betan (kana) saat pertemuan dengan Menko Rizal Ramli

LARANTUKA, NTTsatu.com – Menko Kemaritiman, Rizal Ramli menyatakan akan siap membantu Keuskupan Larantuka yang berencana  membangun Sekolah Pariwisata di Larantuka, Flores Timur.

“Bapak Uskup, saya siap membantu bapak yang sedang merencanakan untuk membangun sekolah pariwisata di daerah ini. Ini juga bentuk partisipasi Gereja Katolik dalam mendukung perkembangan dan kemajuan pariwisata di daerah ini,” kata Rizal Ramli dalam pertemuan dengan dengan Pemda NTT, Pemda Flotim di ruang rapat Bupati Flotim, Kamis, 19 Mei 2016 yang dihadiri juga, Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung.

Pernyataan Menteri Rizal Ramli itu menjawab apa yang disampaikan Uskup Larantuka. Saat itu Uskup menyampaikan kepada Menteri kalau dia sedang memperjuangkan pembangunan sebuah sekolah pariwisata di wilayah Keuskupan Larantuka yang meliputi Flores Timur, Lembata, Adonara dan Solor.

Menurut Uskup, Larantuka sering disebut Kota religius juga kota Renha karena menjadi daerah pertama penyebaran agama Katolik di daerah ini dan masih menjalani ritus-ritus keagamaan yang sangat sakral. Meski demikian, Larantuka bukan kota eksklusif.

“Larantuka sangat terbuka bagi siapa saja, silahkan datang, tetapi jangan merusak tatanan hidup masyarakat daerah ini yang sangat akrab dan toleran satu sama lain sejak dulu. Kami hidup berdampingan  sebagai saudara bersaudara dengan umat Islam, Kristen Protestan, Hindu dan Budha dan terus menjaga Kota Renha ini dengan baik,” kata uskup.

Menurut  Uskup, pariwisata semakin berkembang dan ini harus didukung dengan menyiapkan tenaga-tenaga profesional, karena itu tenaga-tenaga professional harus disiapkan dengan baik melalui lembaga-lembaga pendidikan yang berbasis kepariwisataan.

Menteri Rizal mengatakan, pariwisata harus dikembangkan karena akan menjadi salah satu sumber pendapatan baik untuk daerah maupun untuk pusat dan akan memberikan dampak positip bagi masyarakat. (bp)

Komentar ANDA?