RSU Kota Kekurangan Dokter Penyakit Dalam

0
195

KUPANG. NTTsatu.com – Direktris Rumah Sakit Umum (RSU) SK.Lerik, Kota Kupang, Marsiana Hale mengaku masih kekurangan tenaga medis dan dokter ahli penyakit dalam.

Marsiana Halek kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Kupang, Kamis (17/9/2015) mengatakan, untuk tenaga medis RSU Kota SK.Lerik masih kekurangan sekitar 50-an orang tenaga medis. Hal ini sering menghambat tugas pelayanan kepada pasien di RSU milik Pemerintah kota Kupang ini.

“Memang sesuai hitungan kami, masih dibutuhkan sekitar 50-an tenaga edis untuk memenuhi ratio pelayanan medis yakni satu tenaga medis harus melayani satu pasien,” katanya.

Sementara untuk tenaga dokter, kata Halek, masih kurang pada dokter ahli penyakit dalam .”Ya, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa teratasi. Untuk tenaga dokter ahli penyakit dalam, kami perna membangun bekerjasama dengan rumah sakit angkatan luat, namun banyak yang melanjutkan pendidikan jadi masih terjadi kesulitan,” katanya.

Menurut dokter Halek, RSU SK.Lerik Kota kupang juga pernah membangun kerja sama dengan RSUD WZ Yohanes, namun karena tingkat kebutuha pelayanan yang begitu tinggi, sehingga pelayanan mengalami kesulitan. Untuk itu dengan kekurangan  ini RSU Kota  sedang membangun jaringan dengan  RSU lain dan Universitas kedokteran guna bisa menempatkan tenaga diokter di RSU kota setelah selesai pendidikan.

“Dengan kekurangan tenaga dokter ahli penyakit dalam, bukan bearti pasien penyakit dalam tidak mendapat pelayanan di RSU kota. Mereka tetap dilayani, karena pasien ini adalah pasien  rujukan,” katanya.

Dia mengakui, untuk SDM di RSU kota  memang masih kurang, namun untuk  fasilitas cukup memadai di RSU Kota,sehingga pasien rujukkan dari puskesmas dapat dilayani dengan baik.

“Untuk mengatasi kekurangan ini, dalam jangka pendek, kami akan mengusulkan anggaran  dalam perubahan APBD Kota Kupang tahun 2015 ini untuk  bisa mendapatkan penambahan dana guna merekrut tenaga medis. Namun, jika tidak bisa maka akan diusul lagi untuk tahun anggaran 2016 mendatang,” katanya,

Terkait itu, anggota DPRD dari Partai Nasden, Niki Uly mengatakan, pemerintah harus bisa melihatnya agar bisa mengatasi kesulitan yang dialami RSU Kota Kupang ini

“Pemerintah telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa. yang kuliah di Fakultas Kedokteran Undana.  Jika mereka tamat, pemerintah harus bisa mengirimkan mereka untuk mengambil sepesialis sesuai kebutuhan RSU Kota Kupang,” katanya. .(rif/bp)

======
Foto: Direktris RSU Kota Kupang, Marsiana Hale

Komentar ANDA?