Saat Meresmikan 3 Puskesmas di Lembata, Inilah Pesan Bupati

0
867

NTTsatu.com – LEMBATA – Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur meresmikan tiga  Puskesmas yang dibangun tahun 2019 lalu. Peresmian tiga puskesmas dalam rangka pelayanan kesehatan bagi masyarakat berlangsung di Puskesmas Waipukang, Kecamatan Ile Ape, Selasa (10/3/2020) sore.

Ketiga puskesmas yang diresmikan yakni Puskesmas Waipukang di Kecamatan Ile Ape, Puskesmas Lamaau di Kecamatan Ile Ape Timur dan Puskesmas Hadakewa di Kecamatan Lebatukan.

Bupati Lembata  Eliaser Yentji Sunur dalam sambutannya mengatakan, pusat kesehatan masyarakat bukan pusat menampung orang sakit saja tetapi juga tempat melakukan pelayanan primen kesehatan termasuk konsultasi kesehatan.

“Tentunya ini merupakan bagian ikhtiar dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sebab, indikator kesejahteraan masyarakat dilihat dari indeks kesehatan di daerah masing-masing,” kata Sunur.

Bupati Lembata meminta dengan gedung puskesmas yang baru harus dijaga dengan baik, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang nyaman.

“Kami mengharapkan gedung ini agar dirawat dengan baik dan mengimbau agar menyediakan tenaga kebersihan untuk menjaga Puskesmas tetap bersih dan terawat,” pinta Bupati.

Bupati Sunur juga mengatakan, Puskesmas sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan ujung tombak untuk memberikan pelayanan kesehatan perseorangan yang mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Ketua DPRD Lembata Petrus Gero juga dalam sambutannya menyampaikan, sektor kesehatan menunjang kehidupan dan kesehatan di kabupaten Lembata.

“Kita bersyukur karena tahun 2019 telah dibangun 7 gedung Puskesmas Lembata. Kesehatan itu mahal, sakit jauh lebih mahal. Kita berharap angka orang yang sakit akan  semakin berkurang”, terangnya. (*/gan).

Komentar ANDA?