Samsung Gandeng STIKOM Bali Kembangkan Inkubasi Bisnis

0
163

JAKARTA, NTTsatu.com – Ini pertama kali terjadi di Indonesia. Sebuah perusahaan electronic terbesar di Tanah Air yakni PT. Samsung   Electronics Indonesia atau Samsung sepakat menjalin kerja sama dengan sebuah perguruan  tinggi, yakni STIKOM Bali untuk mengembangkan inkubasi bisnis.

Kesepakatan itu tercipta dalam pertemuan antara Ketua STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan dengan Julia Aryanti Widjaja, Head of Enterprise Mobility Business, Samsung.

“Ini pertama kali dan satu-satunya di Indonesia. STIKOM Bali adalah perguruan tinggi pertama yang kami ajak kerja sama untuk mengembangkan inkubasi bisnis,” kata Julia Aryanti Widjaja, di kantor pusat Samsung, TCC Menara Batavia, Jakarta, Senin (14/03/2016).

Dikatakan Julia, kerja sama ini akan dipusatkan di STIKOM Bali. “Kami akan memfasilitasi tenaga ahli, sedangkan pihak STIKOM Bali menyediakan kurikulum, gedung dan fasilitas penunjangnya,” terang Julia.

Sementara itu Dadang Hermawan menjelaskan, resminya nota kesepakatan (Memorandum of Understanding) akan ditandatangai dalam acara Wisuda XVII STIKOIM Bali pada 30 April 2016 mendatang.

“Tapi sesuai kesepakatahn tadi, proses perekrutan calon wira usahawan muda dari STIKOM Bali sudah bisa kami  mulai pekan depan,” kata Dadang Hermawan.

Dadang menjelaskan, dipilihnya perusahaan Samsung untuk mengembangkan inkubasi bisnis dengan beberapa pertimbangan. “Pertama, karena Samsung adalah perusahaan electronic terbesar di tanah air. Kedua, produk-produk Samsung terutama smartphone sudah sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Dan ketiga, tenaga-tenaga ahlinya baik dalam bidang pengembangan bisnis maupun pengembangan electronic tidak diragukan lagi. Kami berharap mereka dapat menularkan ilmunya bagi calon-calon wira usahawan muda STIKOM Bali,” terang Dadang Hermawan.

Disebutkan Dadang, program inkubasi bisnis  ini bertujuan untuk menciptakan  wira usahawan muda yang tangguh dan sebagai realisasi dari pencanangan 1.000 wira usahawan muda STIKOM Bali yang dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UMKM RI Drs. AAGN Puspayoga pada Wisuda XV STIKOM Bali tahun lalu.

Hadir dalam acara ini selain Dadang Hermawan dan Julia Aryanti Widjaja, juga hadir Banu Afwan Pribadi (Manger Government and Education Sector Enterprise Business, Samsung), Andi Antono (Penanggungjawab STIKOM Bali Jimbaran), dan Rahman Sabon Nama (Humas STIKOM Bali). (rsn)

====

Foto: Dari kiri: Rahman Sabon Nama, Banu Afwan Pribadi, Julia Aryanti Widjaja, Dadang Hermawan, dan Andi Antono di kantor pusat Samsung, Jakarta, Senin (14/03/2016).

 

Komentar ANDA?