Samuel Haning Bukan Tersangka Tetapi Korban

0
288

KUPANG. NTTsatu.com – Penetapan status tersangka terhadap Samuel Haning dalam kasus tindak pidana menggunakan gelar palsu menjadi polemik diantara pihak kepolisian dan kuasa hukum tersangka, Yohanes D Rihi. Samuel Haning itu korban bukan tersangka.

Kuasa hukum tersangka, Yohanes D Rihi, SH alias JR kepada wartawan, Rabu (12/8) mengatakan dalam kasus itu, Samuel Haning menjadi korban, sehingga sudah selayaknya dia tidak dijadikan tersangka dalam kasus itu.

Menurut JR, alasan Samuel Haning menjadi korban bukan tersangka, pasalnya menggunakan gelar dari Universitas Berkley karena memang benar pernah sebagai mahasiswa di lembaga itu. Jadi dia memang tidak membeli gelar itu, tetapi gelar itu diberikan karena dia pernah menjadi mahasiswa di lembaga tersebut.

“Samuel Haning bukan tersangka tetapi menjadi korban. Alasannya, Samuel Haning pernah menjadi mahasiswa di Universitas Barkley itu. Karena itu yang harus disalahkan adalah lembaga itu bukan klien saya, “ kata JR.

Samuel Haning adalah Rektor Universitas PGRI NTT yang diadukan ke Polres Kupang Kota dengan dugaan tuduhan menggunakan gelar dan ijasah palsu. Berkas Sam Haning saat ini sudah di tangan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kupang.

Ketika dipanggil untuk diperiksa beberapa waktu lalu, Samuel bukan datang untuk diperiksa tetapi melayangkan surat somasi kepada Polres Kupang Kota yang menangani kasus ini

Kapolres Kupang Kota, AKBP Budi Hermawan melalui Kasat Reskrim Polres Kupang Kota, AKP Didik Kurnianto mengakui penyidik telah melayangkan panggilan pertama terhadap tersangka untuk diperiksa, namun tersangka tidak memenuhi panggilan tim penyidik sejak pekan lalu untuk diperiksa di Polres Kupang Kota tetapi mengirimkan surat somasi.

Terkait dengan somasi yang dilayangkan tersangka, Didik mengatakan bahwa itu merupakan hak dari tersangka, namun tim penyidik Polres Kupang Kota telah bekerja sesuai dengan SOP yang ada pada kepolisian dan tidak ada kepentingan apapun dalam kasus itu. (dem/bp)

========

Foto: Samuel Haning Korban Ijazah dan Gelar Palsu

Komentar ANDA?