Sedang Diupayakan Lahan Bandara di Adonara

0
198

KUPANG. NTTsatu – Bupati Flores Timur, Yoseph Lagadoni Herin mengakui, pemerintah Kabupaten Flores Timur sedang mengupayakan lokasi untuk pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Pulau Adonara..

“Kita sedang memeroses lahan yang akan dipersiapkan menjadi lahan untuk Bandara di Adonara. Lokasinya di wilayah Kecamatan Witihama,” kata Bupati Herin di Kupang, Selasa, 31 Maret 2015.

Di sela-sela kegiatan Musrenbang Provinsi NTT 2015, di Aula Utama El Tari, Yosni sapaan akrab Bupati Yoseph Lagadoni Herin mengatakan, proses mendapatkan lokasi pembangunan Bandara di Adonara bukan gampang. Karena itu pemerintah harus melajukan berbagai upaya.

Dia mengakui, pemerintah pusat melalu Kementerian Perhubungan RI sudah memberikan sinyal pembangunan Bandara di Adonara tersebut, karena itu sinyal itu harus ditindak lanjuti secepatnya. Jika lahan sudah siap dan bebas dari masalah prosesnya akan segera dilanjutkan ke Pemerintah Pusat melalui pemerintah provinsi NTT.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Richard Djami yang bersama Bupati Yosni mengatakan, pembangunan Bandara Adonara itu sudah mendapatkan sinyal dari pemerintah pusat.

Menurut informasi lanjut Djami, dananya sudah siap tinggal persiapan lokasi. Prinsipnya, jika lokasi sudah siap, prosesnya pasti akan berjalan lancer.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Perhubungan NTT, Richard Djami mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan kajian pembangunan bandara di Adonara, Flores Timur (Flotim) karena ada peluang dari pemerintah pusat atau kementerian perhubungan yang bisa ditangkap.

Dijelaskannya, idealnya, semua kabupaten bisa dibangun bandara, asalkan pemerintah daerah setempat menyiapkan lahan yang memadai. Karena pemerintah pusat tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk pembebasan lahan.

Dia menjelaskan, pembangunan sebuah bandara tentu harus memenuhi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan. Pembagunan Bandara di Adonara memang sudah ada sinyal dari pemerintah pusat. (bop)

Komentar ANDA?