Sembilan Balon Gubernur NTT “Uji Kemampuan” di PKB

0
184
Foto: Para Balon Gubernur NTT foto bersama usai penyampaian visi dan misinya dalam kegiatan Muspimwil PKB NTT di Kupang, Senin, 09 Oktober 2017

NTTsatu.com – KUPANG – Sebanyak Sembilan bakal calon (Balon) Gubernur dan satu Wakil Gubernur NTT, Senin, 9 Oktober 2017 menyampaikan visi- misi pada acara Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil) V PKB NTT di Kuang.

Para balon gubernur yang menyampaikan visi- misi dimaksud yakni Beny K Harman, Marianus Sae, Beny Bosu, Honing Sany, Ayub Titu Eki,  I. A Medah, Robert Marut, Heri Wadu, dan Hironimus Fernandez. Sedang  balon wakil gubernur yang menyampaikan visi misi adalah Noviyanto Umbu Lende.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB NTT, Yucun Lepa menyatakan, penyampaian visi- misi ini bukan fit and proper test. Kegiatan fit and proper test baru akan dilaksanakan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.
“Sampai saat ini, PKB belum menentukan pilihan politik ke paket atau balon bubernur yang akan diusung. Jadi semua balon yang menyampaikan visi- misi punya peluang yang sama,” kata Yucun.

Yucun yang juga Ketua Komisi II DPRD NTT ini menyampaikan, setelah penyampaian visi- misi ini, Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW PKB akan menyurati para balon untuk menyampaikan ke partai, siapa figur balon wakil gubernur dan partai mana yang dibangun koalisi. Hal ini penting, karena PKB belum memenuhi syarat pengusungan pasangat calon, karena hanya memiliki lima kursi di DPRD NTT, sedangkan syarat minimal pengusungan pasangan calon adalah 13 kursi.

Balasan atas surat yang disampaikan para balon, lanjut Yucun, akan menjadi satu kesatuan dengan berkas administrasi lainnya untuk dikirim ke DPP.

“Maksimal kita kirim lima pasangan balon ke DPP untuk mengikuti fit and proper test. Kami berharap semua balon menerima apapun keputusan yang diambil DPP,” ungkap Yucun.

Ia berargumen, dalam pemaparan visi- misi yang disampaikan para balon, tereksplisit secara jelas memiliki komitmen untuk membangun NTT ke arah yang lebih baik. Jika aspek kemiskinan yang selalu disoroti selama ini, tentunya semua balon memiliki semangat sebuah lompatan jauh untuk membawa NTT keluar dari permasalahan yang ada.

Foto: Honing Sanny salah satu balon gubernur NTT santai bersama panitia Muspimwil PKB NTT usai pemaparan visi dan misinya

“Pelbagai kendala yang dihadapi selama ini, harus dijadikan sebagai potensi untuk membangun NTT menjadi lebih baik dari sekarang,” tandas Yucun.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PKB NTT, Andre Djemalu mengatakan, dari undangan yang dikeluarkan panitia, ada tiga balon yang tidak memenuhi undangan, yakni Beni Litelnony, Johanes Suni dan Aryanto Gadi Djou. Tahap selanjutnya, Desk pilkada akan merampungkan semua berkas para balon termasuk visi- misi untuk dikirim ke DPP. Agenda fiti and proper test akan ditentukan oleh DPP.

“Kita tidak membuat skor atau penilaian khusus untuk dibuat perankingan dari pemaparan visi- misi ini,” ungkap Andre. (bp)

Komentar ANDA?