Sembilan Bupati Dilantik 17 Februari 2016 di Kupang

0
139

KUPANG. NTTsatu.com – Sembilan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pemilu kepala (Pilkada) serentak 9 Desember 2015 lalu dipastikan akan dilantik pada Rabu, 17 Februari 2016 di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Keputusan pelantikan itu disampaikan melalui surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo yang diterima pemerintah provinsi NTT.

“Sudah pasti, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih 17 Februari,” kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT Silvester Banfatin, Selasa, 9 Februari 2016.

Sembilan Bupati dan Wakil Bupati terpilih itu akan dilantik di Kota Kupang secara serentak sesuai dengan arahan dari Mendagri. “Kami masih mencari tempat yang cocok untuk acara pelantikan tersebut,” katanya.

Dari sembilan kabupaten yang menggelar Pilkada serentak, menurut dia, baru tujuh kabupaten yang dipastikan pelantikan pada 17 Februari 2016. Sedangkan, dua kabupaten lain yakni Manggarai dan Manggarai Barat masih terkendala administrasi, sehingga baru diusulkan, Selasa, 9 Februari ke Mendagri.

“Manggarai dan Manggarai Barat baru diusulkan ke Mendgari, tapi diharapkan bisa dilantik serentak dengan tujuh kabupaten lainnya,” katanya.

Terkait dengan paripurna istimewa DPRD dalam acara pelantikan itu, katanya, tidak diwajibkan. Namun, perlu ada koordinasi dengan pemerintah sembilan kabupaten, terkait dengan warga yang akan hadir pada acara pelantikan nanti. “UU baru tidak ada lagi pelantikan melalui sidang paripurna,” katanya. (bp)

=====

Foto: Karo Tatapem Setda NTT, Silvester Banfatin

Komentar ANDA?