Sensus Pertanian 2023:  Petani di Sikka Didominasi Para Lansia

0
302

NTTSATU.COM — MAUMERE —  Hasil sensus pertanian 2023 menunjukan bahwa belum ada regenerasi petani arena petani masih di dominasi petani yang berumur tua atau umur lanjut usia (lansia ).

Sekarang sudah mulai muncul petani milenial hal ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah kabupaten Sikka mengajak para milenial untuk masuk ke profesi petani karena 50 persen pekerja di Sikka berasal dari setor pertanian dengan upariil dalam mendongkrak ekonomi untuk Nian tanah karena kontribusi sepertiga perekonomian Kabupaten Sikka ditopang Sektor Pertanian.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sikka, Kristanto Setyo Utomo dalam workshop produksi padi 2022-2023 dan diseminasi hasil ST 2023, Jumat 8 November 2023 di Capa Resort Maumere, Pulau Flores.

Tantangan berat sektor pertanian disebutkan Kristanto, yakni produk pertanian, pendidikan petani, usia petani didominasi petani usia tua, upah riil petani yang rendah dan adaptasi petani terhadap teknologi.

Sektor pertanian paling tangguh dalam masa pandemi Covid-19. Biarpun pandemi, sektor pertanian tidak tumbuh negatif. Pertanian tumbuh positif meksi terjadi krisis,” tetapi masyarakat Nian tanah belum termotivasi atau sangat sedikit menjadi petani tidak menjadi daya tarik profesi.

Kristanto menyatakan bahwa hasil sensus pertanian Sensus Pertanian 2023 yang pelaksanaannya telah berlangsung bulan Juni sampai Juli 2022 melibatkan 300 lebih petugas menghasilkan data-data terbaru dan terbaik sebagai basis data untuk berbagai kebutuhan pemerintahan maupun swasta yang kelak bisa diakses. Tetapi kesempatan ini tidak digunakan sangat disayangkan bilamana data yang dihasilkan BPS tidak dimanfaatkan.

Hal baru dalam pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 menurut Kristanto menggunakan teknologi geospacial, hingga penyajian data by name dan by addres.

“Sekarang tinggal dimanfaatkan data untuk pengambilan kebijakan,” kata Kristanto.

Kegiatan seharian ini merupakan sosialisasi tahap satu dan akan diikuti sosialiasi tahap pada awal tahun 2024 melibatkan Bapelitbangda Sikka, semua intansi di sektor pertanian, kehutanan, perikanan, BKKSDA dan utusan media, dipandu Statistisi Ahli Madya BPS Sikka, Frans Soba, dan narasumber ketua tim sensus pertanian 2023, Imelda Sandrawati Ambot.

Kristanto menyampaikan terima kasih kepada semua OPD dan masyarakat Sikka yang mendukung tercapainya Sensus Pertanian 2023. Diakuiya, BPS tidak bisa bekerja sendirian tanpa kolaborasi dan  dukungan. (ino)

Komentar ANDA?