Serah Berkas ke KPU Sikka, 5 Parpol Tidak Memenuhi Syarat

0
181
Foto: Ketua PKP Indonesia Sikka Hildegardis Sunur didampingi pengurus parpol Alfridus Melanus Aeng dan Monica da Silva saat menyerahkan berkas kepada KPU Sikka, Senin (16/10)

NTTsatu.com – MAUMERE – Sebanyak 16 partai politik di Kabupaten Sikka telah menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran untuk diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Lima parpol diantaranya diketahui berkasnya dikembalikan karena tidak memenuhi syarat. KPU Sikka memberikan waktu 1×24 jam untuk perbaikan.

Lima parpol itu adalah PPP, PKB, Partai Republik, PAN, dan Partai Demokrat. Sementara 11 parpol yang berkasnya diterima untuk kemudian diverifikasi adalah PSI, PKS, Partai Gerindra, Partai Garuda, Perindro, Partai Hanura, Partai Nasdem, Partai Berkarya, Partai Golkar, PKP Indonesia, PDI Perjuangan.

Alfonsus Hilarius Ase, komisioer KPU Sikka kepada media ini di sela-sela menerima berkas parpol, Senin (16/10) malam, menjelaskan bahwa tahapan pendaftaran parpol dan penyerahan syarat pendaftaran kepada KPU dijadwalkan dua minggu selama 3-16 Oktober 2017. Pendaftaran parpol berlangsung di KPU RI sedangkan KPU Kabupaten/Kota bertugas untuk melakukan verifikasi.

Parpol yang belum memenuhi syarat, katanya, masih diberikan perpanjangan waktu 1×24 jam untuk melakukan perbaikan dan menyerahkan kembali kepada KPU Sikka. Perpanjangan waktu ini merunut kepada Surat Edaran KPU RI Nomor 585/PL.01.1-SE/03/KPU/X/2017 yang dikeluarkan tanggal 10 Oktober 2017.

”Ada lima parpol yang berkasnya kami kembalikan untuk diperbaiki. Berdasarkan surat edaran KPU RI, kami kasih ruang 1×24 jam untuk perbaikan. Bagi yang berkasnya sudah memenuhi syarat, langsung kami verifikasi,” jelas dia.

Lima parpol yang “bermasalah” ini karena berkas yang diserahkan tidak sesuai data yang terekam pada sistem informatika parpol (sipol). PKB misalnya, secara internal partai terdapat dua versi yakni 45 anggota dan 477 anggota. Namun terekam di sipol sebanyak 477 anggota. KPU RI menetapkan 477 anggota, karena jika 45 qnggota maka kondisinya jauh di bawah syarat minimal 1/1000 anggota dari jumlah penduduk.

Ketidksesuaian jumlah berkas KTA dan KTP elektronik juga dialami PPP, Partai Republik, PAN, dan Partai Demokrat. Sipol PPP sebanyak 550 anggota, namun yang diserahkan KTP elektrik 512 anggota dan KTA 518 anggota.

Partai Republik dengan sipol 259 anggota, yang diserahkan adalah 342 KTA dan 288 KTP elektrik.
Selain itu sipol PAN menyebutkan 954 anggota, tetapi parpol ini baru menyerahkan 342 KTA dan 288 KTP elektrik. Demikian juga Partai Demokrat dengan sipol 660 anggota, baru menyerahkan 523 KTA dan 519 KTP elektrik.
Seperti disaksikan media ini, Senin (16/10), puluhan parpol mendatangi Kantor KPU Sikka yang terletak di Jalan Eltari Dalam Kelurahan Kota Uneng pada hari terakhir pendaftaran.

Beberapa ketua parpol langsung hadir menyerahkan berkas seperti Ketua PDI Perjuangan Alexander Longginus, Ketua PKP Indonesia Hildegardis Sunur, Ketua PAN Phillip Framsiskus, Ketua PP Muhammad Abduh, dan Ketua Partai Demokrat Yunus Noce Fernandez.

PKP Indonesia tercatat sebagai parpol yang paling cepat dilayanai oleh Tim Penerima Berkas KPU Sikka. Datang paling terakhir menjelang injury time pukul 23.42 Wita, parpol besutan satu-satunya perempuan di Kabupaten Sikka ini hanya butuh waktu 15 menit untuk menyelesaikan berkas. Sementara parpol yang lain harus bolak-balik karena kekurangan atau kelebihan jumlah berkas persyaratan pendaftaran. (vic)

Komentar ANDA?