Sering Pusing Saat Bangun dari Duduk? Inilah Penyebabnya

0
141

NTTsatu.com – sebuah pertanyaan, mengapa kepala terasa pusing (darah seperti naik ke kepala perlahan) saat bangun dari duduk (terutama kalo jongkok) meskipun hanya sebentar?

Inilah jabawabnnya:
Ketika seseorang harus berdiri setelah duduk atau berbaring, akan terjadi penurunan tekanan darah atau disebut dengan hipotensi ortostatik (hipotensi postural).

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa pusing yang ringan hingga kondisi yang parah seperti pingsan. Situasi tersebut akan sangat berbahaya terutama jika terjadi pada orang yang memiliki gangguan keseimbangan seperti orang yang sudah tua karena bisa menyebabkan patah tulang atau cedera otak.

Hipotensi ortostatik lebih sering terjadi sebagai kasus ringan yang berlangsung beberapa detik setelah seseorang berdiri. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Ketika seseorang berdiri, gaya gravitasi akan menyebabkan darah berkumpul di kaki. Hal ini akan menurunkan tekanan darah karena hanya sedikit sirkulasi darah yang kembali ke jantung untuk memompa. Biasanya sel-sel khusus (baroreceptors) di samping jantung dan arteri leher akan menurunkan tekanan darah dan menetralkan jantung dengan cara berdegup lebih kencang untuk memompa darah lebih banyak dan menstabilkan tekanan darah.

Namun terdapat banyak penyebab lainnya selain dari hal di atas, di antaranya adalah seseorang yang sedang mengalami dehidrasi, masalah pada organ jantung, diabetes dan gangguan sistem saraf. Jika Anda merasa terganggu dengan keluhan ini, maka ada baiknya untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda kepada dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung dan menyeluruh, apakah terdapat penyebab dasar dari keluhan tersebut. (merdeka.com)

====

Foto: Ilustrasi

Komentar ANDA?