Setelah Satu Bulan Diresmikan, Gedung Poliklinik Belum Dimanfaatkan

0
306

NTTsatu.com – MAUMERE – Gedung Poliklinik BLUD TC Hillers Maumere masih tampak kosong. Belum ada aktifitas pemanfaatan pada bangunan berlantai tiga itu. Padahal bangunan tersebut sudah diresmikan satu bulan yang lalu, tepatnya pada Selasa (13/2).
Poliklinik lantai tiga ini diremikan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, usai yang bersangkutan mengikuti penarikan nomor urut pasangan calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka. Dua hari sesudahnya, Yoseph Ansar Rera resmi menjalani cuti di luar tanggungan negara menyusul keikutsertaannya sebagai Calon Bupati pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka Tahun 2018 ini.

Tak pelak rumor pun beredar bahwa pengresmian tersebut terkesan terburu-buru. Apalagi saat itu masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikan. Tim Monitoring dan Evaluasi DPRD Sikka ketika berkunjung ke Poliklinik sempat menyaksikan sendiri bagaimana kondisi bangunan yang masih dalam sedang pekerjaan.

Sampai dengan Selasa (13/3), tepat satu bulan setelah pengresmian, terlihat sejumlah tukang dan buruh di lokasi proyek. Sementara itu seluruh bangunan masih kosong, belum ada sarana dan prasarana atau fasilitas kerja bagi kepentingna pelayanan. Pada hampir setiap ruangan terlihat debu menebar di lantai.

Fraksi PDI Perjuangan dalam pemandangan umum fraksi baru-baru ini, menyebut progres pembangunan fisik saat diresmikan baru mencapai 80%. Ketua Fraksi PDI Perjuangan Darius Evensius mendesak agar pekerjaan Poliklinik segera diselesaikan demi kepentingan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sikap politik Fraksi PDI Perjuangan ini ditambah catatan politis yang keras. Darius Evensius menegaskan Fraksi PDI Perjuangan akan mendesak pihak penegak hukum untuk segera memroses secara hukum pelaksanaan proyek ini, jika sikap dan oernyataan politik fraksi tidak diindahkan pemerintah.

Menanggapi sikap politik Fraksi PDI Perjuangan, Pelaksana Tugas Bupati Sikka Paolus Nong Susar menjelaskan bahwa Gedung Poliklinik diresmikan pada posisi fisik pekerjaan telah mencapai 100%. Realisasi itu berdasarkan Berita Acara Serah Terima Pertama (PHO) tertanggal 10 Februari 2018.

Sedangkan adanya pekerjaan yang masih dilakukan setelah PHO, Paolus Nong Susar beralasan itu meruoakan pekerjaan-pekerjaan tambahan dan pembersihan lokasi hingga masa pemeliharaan berakhir, dan dilakukan serah terima terakhir (FHO).

Penjelasan Paolus Nong Susar ini masih belum bisa diterima. Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Stefanus Sumandi merasa heran jika pekerjaan seperti pemasangan AC dan pemasangan plafon disebut sebagai pekerjaan tambahan. Hemat dia, item-item pekerjaan seperti itu merupakan pekerjaan yang termuat dalam kontrak. Jika benar itu adalah item pekerjaan tambahan, Stef Sumandi menyebut Gedung Poliklinik pada akhirnya bukan hanya 100% tapi bisa mencapai 120%.

Dia pun mempertanyakan sumber dana untuk pekerjaan pemasangan AC dan pemasangan plafon yang oleh pemerintah disebut sebagai pekerjaan tambahan. Jika ada sumber dana untuk item pekerjaan tambahan seperti penjelasan Paolus Nong Susar, Stef Sumandi menanyakan kira-kira dengan DPRD yang mana pemerintah menandatangani APBD Sikka. (vic)

 

Foto: Gedung Poliklinik BLUD TC Hillers yang diresmikan satu bulan lalu, namun masih bekum dimanfaatan;

Komentar ANDA?