Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Buruh Migran

0
188
Foto: Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Namosain

NTTsatu.com – KUPANG – Kementrian Tenaga kerja melalu bidang Deputi Pemberdayaan Masyarakat bekerjasama dengan Dinas pertanian Kota Kupang  menyelenggarakan sosialisasi tentang pemberdayaan masyarakat  bagi sejumlah mantan buruh migran di kelurahan namosain, Jumat,9/6.

Hendrik Saba kepala Dinas Pertanian Kota Kupang,mengatakan sejak tahun 2012 hingga Tahun 2016  Dinas pertanian Kota Kupang melalui Bidang pemberdayaan Masyarakat telah memberikan bantuan kurang lebih kepada 55 kelompak masyarakat pengelolaan hasil.

Dirincikanya  pada Tahun 2012 memberikan bantuan peralatan pengolahan hasil kepada 20 kelompok pengolahan hasil, Tahun 2014 memberikan pelatihan pengolahan hasil jagung dan labu kuning dan bantuan peralatan pengolahan hasil kepada 20 kelompok pengolahan hasil di kota kupang.

Selanjutnya, pada Tahun 2016 memberikan pelatihan tentang kemasan dan bantuan peralatan kemasan kepada 15 kelompok.

Adapun kelompok pengolahan binaan Dinas Pertanian Kota Kupang semuanya dilengkapi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Untuk di Kota Kupang kupang sendiri ada beberapa tempat kelompok binaan Dinas Pertanian Kota yaitu, produksi diantaranya jagung yaitu di kelurahan  Penfui, Fatukoa, Naioni, sedangkan untuk kelompok binaan Kripik Pisang di kelurahan Oepura, Sikumana, Fatukoa dan Naioni, sedangkan Kacang Tanah berada di Kelurahan Penfui.

Lebih lanjut kata dia, Kelurahan Namosain belum ada satupun kelompok yang terbentuk untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan sehingga dapat membentuk kelompok kelompok pemberdayaan sehingga dapat meningkatkan kehidupan masyatakat kecil yang ada di kelurahan Namosain. (end)

Komentar ANDA?