STAR Manggarai Baksos dan ziarah di Obyek Wisata Pantai Utara

0
320

RUTENG. NTTsatu.com – Untuk membantu promosi pariwisata di wilayah Kabupaten Manggarai, Solidaritas wartawan Manggarai (STAR) melakukan kunjungan ke beberapa obyek wisata di daerah itu seama dua hari, Sabtu, 13 Pebruari 2016 dan Minggu, 14 Pebruari 2016.

Kunjungan itu juga dilakukan selain untuk penulisan, para wartawan juga  melakukan bakti sosial di Pantai utara kecamatan Reok Kabupaten Manggarai pada beberapa obyek wisata alam pantai  seperti Torong Besi dan Ketebe , dilanjutkan dengan ziarah di patung Santa Maria Torong Besi.

Tim STAR itu terdiri dari 11 Jurnalis yang bertugas di wilayah liputan kabupaten Manggarai  yakni Hiro Dale NTTSatu.com, Plasidus P. Madi – Floreskita.com, Kristo Lawudin harian Umum Flores Pos, Enok Tanggur – RCTI, Leo wartawan TVRI, Heri Harun Harian Timor Express, Marten Don NTTonline.com, Yos Syukur – Seputar NTT.com, Melki Pantur – Media Kontruksi.com, dan Kons Hona RadarNTT.com.

Kegiatan awal  para jurnalis melakukan wisata di Pantai pasir putih di Torong sekaligus melakukan kegiatan bakti sosial  di sepanjang pantai. Di panta berserakan sampah dan berhasil dibersihkan para wartawan.

Aneka plastic, kemasan minum bekas dari pengunjung dan sampah lainya berserakan di pantai. Kegiatan  kebersihanpun dilakukan para wartawan dengan memungut sampah-sampah dan dipindahkan pada tempat sampah kemudian membakarnya.

Selesai melakukan baksos tersebut, para wartawan akhirnya mendatangi sebuah buki nan indah disana ada gua Patung bunda Maria. Tempat ziarah rohani ini menjadi sebuah inspirasi baru b buat para wartawan untuk memohon doa Bunda Maria agar sukses menjalankan tugas sebagai wartawan dan anggota STAR di tahun 2016.

Kegiatan diakhiri dengan kegiatan kebersihan di Pantai Ketebe kurang lebih 1 km dari Torong besi. Para awak media kembali melakukan kegiatan pembersihan pantai disusul dengan rekreasi bersama di pantai nan  eksotik tersebut.

Sidus Madi Ketua Star kepada NTTSatu.com Minggu (14/2/2016)  manyampaikan, kegiatan jurnalis akan datang  bukan hanya menjadi rutinitas setiap tahun tetapi direncakan berbagai aneka kegiatan yang akan dilakuakan.

“Kalau diskusi potensi wisata sudah kita lakukan. Kita rencanakan juga di bidang-bidang lain,” katanya

Terkait potensi Wisata di Pantai Utara dirinya berkomentar .kemajuan pariwisata ini butuh keterlibatan berbagai pihak bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja, tetapi masyarakat juga harus ikut membangun wisata dengan memperhatikan kebersihan di lingkungan sekitar wisata ataupun di sekitar lokasi wisata sehingga hal ini menambah daya minat turis berwisata ke Manggarai.

“Kita sudah bagikan beberapa kantong plastik dibuat dari kertas bekas  dari salah satu LSM pecinta lingkung  kepada masyrakat. Biar masyarakat sendiri sadar  kegunaan dari sampah,” katanya.

Hendrigus Agom  Sorang tokoh masyrkat Desa Robek Kecamatan Reok kepada NTTSatu.com mengaku bangga karena mendapat pengetahuan baru terkait penggunaan kertas sebagai pengganti kresek (kantongan belanja) dan meminta kepada jurnalis untuk mempromosikan obyek wisata yang ada di Kecamatan Reok.

“Hari ini kita dibantu dengan kegiatan baksos dan pembagian kresek yang dibuat dari kertas bekas. Kita berharap dengan hadirnya teman-teman media. pariwisata di kecamatan kami dapat diperhatikan oleh pemerintah dan  menambah daya tarik wisatawan datang kesini,” harapnya. (Hironimus Dale)   

====

Keterangan Foto: STAR berpose bersama di Pantai Torong Besi

Komentar ANDA?