STIKOM Bali Jalin Kerja Sama dengan Bunkyo University Tokyo

0
143

DENPASAR. NTTsatu.com – STIKOM Bali dan Bunkyo University Tokyo, Jepang sepakat bekerjasama mengembangkan pendidikan kelas internasional untuk program dua gelar (dual degree), yakni gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dari STIKOM Bali dan Bachelor of Information  Technology (BIT) dari Bunkyo University Tokyo.

Kesepakatan kerja sama itu ditandatangi  oleh Dr. Dadang Hermawan (Ketua STIKOM Bali) dengan Prof. Masaya Nojima (Rektor Bunkyo University Tokyo), di Tokyo, Kamis (24/03/2016).

Dadang Hermawan menerangkan program dua gelar ini ditujukkan kepada mahasiswa STIKOM Bali. “Mekanismenya, mahasiswa kuliah 3,5 tahun  di STIKOM Bali lalu dilanjutkan dengan kuliah selama enam bulan di Bunkyo University Tokyo hingga memperoleh gelar BIT,” kata Dadang Hermawan.

Selain itu  kerja sama dengan Bunkyo University Tokyo dalam hal pertukaran mahasiswa selama sebulan, baik mahasiswa STIKOM Bali ke Bunkyo University maupun mahasiswa Bunkyo University ke STIKOM Bali. “Bunkyo University akan memfasilitasi mahasiswa kita untuk berkunjung ke kampusnya, tinggal selama sebulan di  sana. Begitu juga kita akan memfasilitasi mahasiswa Bunkyo University  yang berkunjung ke STIKOM Bali melalui Bali Cross Culture Program,” terang Dadang.

Kerja sama lainnya adalah kedua perguruan tinggi ini akan mengadakan penelitian dan seminar bersama tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam bidang pertanian dan lingkungan menuju smart and green city, baik yang diadakan di Bali maupun di Tokyo.

“Selama ini dirasakan masih kurang peranan TIK terhadap hasil-hasil penelitian di bidang pertanian maupun lingkungan, khususnya peranan TIK dalam menyebarluaskan produk-produk pertanian. Untuk itu STIKOM Bali ingin banyak belajar  tentang pemanfaatan TIK di bidang pertanian dan lingkungan menuju smart and green city,” demikian keterangan Dadang Hermawan.

Terakhir dan juga sangat penting adalah kerja sama dalam hal peningkatan kualitas dosen STIKOM Bali. Pihaknya akan yakni mengirim dosen STIKOM Bali untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang   S2 dan S3 di Bunkyo University. (rsn)

=====

Foto: Pimpinan STIKOM Bali dan Bunkyo University Tokyo, Jepang foto bersama usai penandatanganan kesepakatan kerjasama

Komentar ANDA?