Beranda Sosbud Sudah Ada Kesepakatan, Mantan Gubernur Frans Lebu Raya Dimakamkan Secara Kenegaraan di...

Sudah Ada Kesepakatan, Mantan Gubernur Frans Lebu Raya Dimakamkan Secara Kenegaraan di Adonara

0
2428

NTTSATU.COM — KUPANG — Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josep Nae Soi mengatakan, berdasarkan hasil rapat antara keluarga dan Pemerintah Provinsi NTT maka sudah bersepakat bahwa bapak Frans Lebu Raya adalah tokoh nasional.

Almahrum mendapat bintang jasa utama dari Presiden Jokowi pada tahun 2015 lalu, oleh karena itu, upacara pemakaman harus dilakukan dengan acara kenegaraan dan penghormatan kepada beliau dengan militer lengkap.

Tempat pemakaman sudah ditentukan karena adat dan sudah berjanji untuk dimakamkan di kampung halamannya Watoone, Kecamatan Witihama, Adonara, Kabupaten Flores Timur. Namun tetap dengan upacara kenegaraan dan militer. Itu merupakan pengumuman resmi dari pemerintah.

“Besok pagi (Selasa, 21 Desember 2021, red) jenasah akan diterbangkan ke Larantuka kemudian ke Adonara. Di Larantuka akan diterima secara militer dan kenegaraan karena bapak Frans Lebu Raya bukan hanya milik orang NTT tetapi milik nasional. Karena beliau mendapat bintang jasa utama”.

“Kepada keluarga saya atas nama masyarakat NTT, pemerintah mengucapkan turut berduka cita. Nusa Tenggara Timur (NTT) di ulang tahun ke-63 kehilangan seorang tokoh nasional, seorang tokoh NTT, seorang yang rendah hati dan banyak berjasa untuk Provinsi NTT,” kata Wagub ketika menyampaikan berita resmi soal pemakaman mantan Gubernur NTT dua periode ini di tempat duka pada Senin, 20 Desember 2021 sore.

“Pak Frans, Tuhan Yesus sudah mengatakan melalui Santu Petrus barang siapa yang berjuang secara sah di dunia, dia akan mendapat mahkota. Bapak Frans engkau sudah mendapat mahkota dari Bunda Maria dan Tuhan Yesus karena Anda telah melakukan apa yang dikatakan itu,” ucapnya.

“Kepada keluarga kita harus legowo karena bapak Frans ini orang baik dan saya yakin beliau sudah ada di surga. Bapak Frans jangan lupa untuk doakan kami semua, doa untuk anak istri, doa untuk semua keluarga besar dimanapun berada supaya kami tetap setia kepada panggilan kami dengan iman Kristiani seperti bapak Frans tunjukkan kepada di dunia ini,”tambahnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih untuk keluarga yang sudah legowo untuk dilakukan upacara secara kenegaraan di Adonara. (SN/bp) 

Komentar ANDA?