Sudah Enam Jam Bareskrim Periksa Ahok

0
173
Foto: Ahok ketika berada di Bareskrim Mabes Polri (ist)

NTTsatu.com – Sudah sekitar 6 jam berlalu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih menjalani pemeriksaan di Mabes Polri. Ahok diperiksa berkaitan dengan kontroversi pidatonya yang berbuntut pelaporan ke polisi atas tudingan Ahok melakukan penistaan agama.

“Dia diperiksa beberapa jam. Sempat istirahat dan pukul 13.00 WIB ini dilanjutkan kembali,” kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Agus Rianto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (7/11/2016).

Agus menyebut ada banyak pengacara di dalam ruang pemeriksaan. Dia mengatakan beberapa hal dikonfirmasi ke Ahok termasuk informasi-informasi yang diketahui Ahok berkaitan dengan penyelidikan polisi.

“Karena kuasa hukum di dalam juga banyak dan ruangan terbatas, tentunya hal-hal kita gali,” ucapnya.

Sebelumnya, Ahok tiba di Mabes Polri sekitar pukul 08.12 WIB. Ahok datang ke Mabes Polri menggunakan mobil Toyota Innova warna silver dengan nopol B 1330 EOM.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Agus Rianto menyebut pemeriksaan terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih berlangsung. Ahok diperiksa soal beberapa hal tentang video kontroversi tentang Al Maidah ayat 51.

“Tentunya hal-hal kita gali, informasi yang beliau ketahui dan termasuk penggalian informasi berdasarkan data, beliau memberikan respons,” kata Agus.

Kontroversi pidato Ahok di Kepulauan Seribu itu berbuntut pelaporan ke polisi atas tudingan Ahok melakukan penistaan agama. Polri pun memastikan tidak ada intevensi dari pihak manapun berkaitan dengan penyelidikan kasus itu.

“Campur tangan pemerintah adalah memerintahkan kasus ini cepat selesai, bukannya mengatur penyidik agar kasus segera selesai. Jangan dianggap Pak Presiden mengintervensi. Kita punya waktu 2 minggu, Polri akan bertindak independen, informasi akan kami sampaikan secara transparan, kita berharap memberikan keyakinan masyarakat pada Polri,” kata Agus. (detikcom)

Komentar ANDA?