Suku Pepageka Temukan Kembali Saudaranya Dari Lewogeka, Solor

0
754
Foto: Boro Burhan, tokoh masyarakat Desa Pepageka, Klubagolit, Flotim

NTTsatu.com – ADONARA – Suku Pepageka di Desa Pepageka Kecamatan Klubagolit, pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menemukan kembai saudara-saidarinya yang selama ini tinggal di desa Lewogeka, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flotim.

“Kami baru dua tahun ini menemukan saudara-saudari kami satu suku yakni Pepageka yang selama ini berada di kampung Lewogeka,” kata tokoh masyarakat Pepageka, Boro Burhan.

Boro Burhan di desa Pepageka, Sabtu, 01 Juli 2017 menuturkan, sekitar tiga tahun lalu ketika acara perlombahan Kasida di Sagu, grup kasida dari Lewogeka membawakan kasida dengan syair yang sama persis dengan kisa tentang suku Pepageka. Karena itu mereka kemudian menelusuri kisah itu dan teryata mereka bersaudara. Sebagian tinggal di Pepageka dan sebagian lainnya di Lewogeka.

“Tahun lalu kami dari Pepageka berkunjung ke Lewogeka dan membangun silathtahmi dengan mereka disana, dan hari ini (Sabtu, 1/7/2017) mereka datang menemui kami disini,” kata Boro Burhan.

Foto: Keluarga Pepageka dan Lewogeka bersalaman ketika tiba di Pepageka, Sabtu, -1 Juli 2017 pagi

Boro menuturkan, sepanjang hari ini mereka membicarakan banyak hal terkait asal usul mereka seperti tahun lalu mereka di Lewogeka. Dan malam ini akan ada makan bersama disusul dolo-dolo kampung.

“Kita berpesta ria bersama. Dan malam ini akan ada dolo-dolo gaya lama di kampung sampai pagi, dan besok pagi mereka akan kembali,” katanya. (rin)

Komentar ANDA?