Surat Suara Lebih 406 Lembar, KPU Sikka Akan Musnahkan

0
314

NTTsatu.com – MAUMERE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka tengah menyiapkan logistik untuk didistribusi ke tempat pemungutan suara (TPS). Namun diketahui ada kelebihan surat suara sebanyak 406 lembar. Rencananya KPU Sikka akan memusnahkan sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

Elsy Puspitasari, komisoner KPU Sikka yang membidangi Divisi Umum, Anggaran dan Logistik menjelaskan 406 lembar surat suara yang lebih itu diketahui setelah dilakukan penyortiran. Pada awalnya ketika sortir oleh pihak ketiga, terdapat kelebihan sebanyak 676 lembar. Namun setelah disortir lagi oleh staf KPU Sikka, dipastikan terjadi kelebihan 406 lembar.

KPU Sikka memesan 195.448 lembar surat suara sesuai perhitungan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah cadangan 2,5 persen dan 2.000 surat suara untuk pemilihan susulan. DPT Sikka sebagaimana hasil rekapitulasi perbaikan yakni sebanyak 188.464 pemilih. Sementara 2,5 persen sebagai cadangan diakumulasi sebanyak 4.984 lembar.

PT Temprina Media Grafika selaku percetakan mengirim 98 dos surat suara, di mana 97 dos masing-masing berisi 2.000 lembar, dan 1 dos berisi 1.448 lembar. Sesuai bukti pengiriman, keseluruhan surat suara yang dikirm yakni sebanyak 195.448 lembar sesuai permintaan KPU Sikka. Namun ternyata dari 97 dos tersebut, tidak semuanya berjumlah masing-masing 2.000 lembar. Setelah disortir, ada yang lebih dari 2.000 lembar, bahkan ada yang kurang dari 2.000 lembar.

“Dari dua kali sortir, kami bisa pastikan terdapat kelebihan 406 lembar surat suara Pilbup Sikka. Semuanya dalam keadaan baik. Nanti kami akan musnahkan, sebelumnya akan koordinasi terlebih dahulu dengan Panwaslih Sikka, Kapolres Sikka, serta tim pemenang masing-masing pasangan calon,” jelas Elsy Puspitasari, Kamis (21/6).

Mantan Panwaslih Sikka ini menambahkan saat ini seluruh surat suara untuk Pilbup Sikka sudah dimasukkan ke dalam kotak suara bersama logistik lainnya. Setelah proses pengepakan selesai, seluruh logistik akan dikirim ke 555 TPS yang tersebar di 147 desa dan 13 kelurahan pada 21 kecamatan di Kabupaten Sikka.

KPU Sikka tidak melakukan sortir 2.000 lembar surat suara untuk pemilihan susulan. Penyelenggara baru akan melakukan sortir setelah diketahui jika ada TPS yang melakukan pemilihan susulan. Jedah antara hari pemungutan suara dan pemilihan susulan berdurasi 7 hari, sehingga masih ada waktu untuk melakukan sortir dan distribusi.  (vic)

 

Foto: Staf KPU Sikka sedang melakukan pengepakan logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka, Kamis (21/6);

Komentar ANDA?