Tahun ini, BWS NT II Bangun 62 Embung Serbaguna

0
281

KUPANG. NTTsatu.com – Tahun ini, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi NTT membangun 62 embung serbaguna. Embung-embung itu berlokasi di Pulau Timor, Alor, Sabu Raijua dan kabupaten Rote Ndao.

Total 62 Embung yang dibangun tersebut terdiri dari 60 buah embung baru sedangkan dua embung lainnya merupakan lanjutan pembangunan yakni lanjutan Pembangunan Embung serbaguna Oenaem di kabupaten TTU dan lanjutan Pembangunan embung serbaguna Oematnunu di Kabupaten Kupang.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II Provinsi NTT, Deppy Cipta, SST yang dikonfirmasi melalui Kepala Satuan Kerja (Satker) Non Vertikal Tertentu (NVT) Pemanfaatan Jaringan Sumber Air (PJSA) Nusa Tenggara II, Marthen L.Tella,ST.,M.Si mengatakan, tahun 2016 ini BWS NT II Provinsi NTT akan membangun 60 embung serbaguna  dan lanjutan pembangunan 2 buanh embung serbaguna di kabupaten TTU dan kabupaten Kupang.

Embung-embung yang dibangun tahun ini merupakan embung serbaguna yang multi fungsi. “Tahun ini BWS NT II bangun embung serbaguna sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan air bersih, pertanian, peternakan dan irigasi,”katanya.

Mantan PPK PKSDA 1 ini menguraikan, 62 embung serbaguna yang dibangun itu, 7 buah embung serbaguna akan dibangun di Kabupaten Kupang, 5 buah embung serbaguna akan dibangun di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, 10 buah embung serbaguna akan dibangun di Kabupaten Timor tengah Selatan, 6 buah embung serbaguna akan dibangun di Kabupaten Timor Tengah Utara.

6 buah embung serbaguna akan dibangun di kabupaten Belu, 6 buah embung serbaguna akan di bangun di Kabupaten Malaka, 8 buah embung serbaguna akan dibangun di Kabupaten Rote Ndao, 8 buah embung serbaguna akan dibangun di kabupaten Sabu Raijua, 4 buah embung serbaguna akan di bangun di Kabupaten Alor. Selain itu, kata dia, BWS NT II juga akan melanjutkan pembangunan embung serbaguna Oenaem di Kabupaten TTU dan lanjutan pembangunan embung serbaguna Oematnunu di kabupaten Kupang.

Marthen Tella menambahkan, selain pembangunan baru BWS NT II juga akan merehabilitasi 12 buah embung serbaguna di Kabupaten TTS, Kabupaten TTU dan Kabupaten Belu. “Saat ini panitia masih malakukan proses tender terhadap paket-paket proyek pembangunan embung di Pulau Timor dan Kepulauan,”kata mantan PPK Bendungan ini. (likuraionline.com)

=====

 Foto: Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II Provinsi NTT, Deppy Cipta, SST (ist)

Komentar ANDA?