Tahun ini Dibangun SMA Keberbakatan Olahraga

0
143

KUPANG. NTTsatu – Tahun ini pemerintah pusat mulai membangun sekolah Keberbakatan Olahraga, sebuah sekolah setingkat SMA yang akan mendidik peserta didik dengan kurikulum utama pendidikan olahraga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Sinu Manuk Petrus kepada wartawan di ruang kerjannya, Selasa, l0 Maret 20l5 menjelaskan, pemerintah pusat dengan dana APBN mulai tahun ini membangun sebuah SMA dengan kurikulum utamanya pendidikan olahraga di Kupang.

“Awal tahun lalu kita ajukan permohonan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk membagun sekolah tersebut. Dan tahun lalu sudah disetujui dana sebesar Rp 600 juta untuk biaya perencanaan. Perencanaan sudah dilakukan dan pemerintah pusat kembali mengucurkan dana sebesar Rp 23 miliar lebih untuk pembangunan fisiknya yang akan segera dilakukan. Prosesnya sedang berjalan dan akan memasuki tender proyeknya dan disusul pelaksanaannya,” kata Manuk.

Lahan yang disediakan untuk pembangunan sekolah tersebut adalah milik pemerintah provinsi NTT seluas ,4 ha yang terletak di belakang Gedung Olahraga (GOR) Oepoi.

Dia menjelaskan, gedung yang akan dibangun seluruhnya berlantai dua yang terdiri dari gedung perkantoran, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang makan dan asrama bagi para siswa yang akan direkrut dari masing-masing kabupaten. Sisawanya sudah ditetapkan jumlahnya yakni sebanyak 72 orang untuk Kelas I, II dan III sehingga jumlah keseluruhannya menjadi 2l6 orang siswa terdiri dari 60 persen siswa dan 40 sisanya siswi.

“Sesuai perencanaan yang disetujui, sarana dan prasarana sekolah ini sudah lengkap, karena itu siswa-siswi yang akan bersekolah di lembaga ini semuanya diasramakan,” katanya.

Menurut Manuk, sekolah ini dibutuhkan di daerah ini karena daerah ini memiliki potensi atlit yang cukup besar namun tidak dididik dan dilatih dengan baik. Karena itu, hadirnya sekolah ini diharapkan akan memunculkan atlit-atlit baru di berbagai cabang olahraga yang bisa membawa dan mengangkat nama daerah ini di berbagai even olahraga,” katanya. (bop)

Komentar ANDA?