Tahun ini Lembata Dapat Bantuan Delapan Sekolah Baru

0
190
Kadis ppo kabupaten Lembata, Zakarias Paun

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Lembata, Zakarias Paun mengatakan, tahun ini ada bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk pembangunan delapan sekolah baru di Lembata.

Dihubungi di Lewoleba, Senin, 06 Juni 2016, Zakarias Paun menjelaskan, delapan sekokah baru yang dibangun tahun ini adalah SMAN I Buyasuri di Panama, SMAN I Lebatukan di Hadakewa, SMAN I Wulandoni, SMP Negeri 3 Omesuri di Hoelea, SMPN 4 Omesuri di Melowiting, SMPN 4 Ileape di Waowalang, SMPN 4 Wulandoni di Tapobali serta satu sekolah dasar di Batas Kota Wilayah Ileape.

“Semuanya dalam kondisi siap dibangun dengan sistem swakelolah murni. Anggarannya sudah sudah ada. Untuk SMA anggaranya di Rekening Kepala Dinas, sementara untuk SD dan SMP di rekening Kepala Sekolah. Kita sudah mulai melakukan kegiatan pembangunan dan pertama sudah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan SMAN I Buyasuri di Desa Panama pada tanggal 31 Mei 2016 lalu,” kata Zakarias Paun.

Lebih lanjut Paun menjelaskan, pembangunan sekolah baru ini bermula dari aspirasi masyarakat terkait peningkatan kualitas pendidikan. Dinas PPO Kabupaten Lembata kemudian menindaklanjutinya dengan pembuatan proposal kepada Kementerian Pendidikan. Proposal yang dikirim sejak tahun 2016 baru ditanggapi tahun ini.

Dia juga mengatakan sambil menunggu pembangunan sekola baru tersebut, Dinas PPO Lembata mengambil kebijakan agar di tahun ajaran baru ini sekolah-sekolah yang dibangun bisa menerima murid baru dengan memanfaatkan gedung sekolah terdekat.

“Jadi tahun ajaran baru ini sudah mulai beroerasi dan kita minta untuk menggunakan gedung seklah terdekat sambil menunggu pembangunan gedung baru,” jelasnya. (rin/bp)

 

Komentar ANDA?