Tak Hadiri Sidang, Diana Masuk DPO

0
184
Foto: Diana Aman terdakwa dalam kasus human traficcking kini ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)

NTTsatu.com – KUPANG – Setelah dikeluarkannya pengalihan penahanan menjadi tahanan kota oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kupang, Nuril Huda untuk Diana Aman alias DA terdakwa dalam kasus human traficcking akhirnya ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang.

Diana Aman ditetapkan sebagai DPO karena sudah empat kali tidak menghadiri sidang di PN Kelas IA Kupang. Seharusnya saat ini Diana Aman telah mencapai pada tahap pembacaan tuntutan oleh JPU Kejari Kota Kupang.

As Pidum Kejati NTT, Budi Handaka yang ditemui diruang kerjanya, kemarin nenegaskan bahwa dirinya telah memerintahkan Kejari Kota Kupang untuk menetapkan Diana Aman sebagai DPO.

Menurut Budi, Diana Aman ditetapkan sebagai DPO oleh Kejaksaan karena sudah empat kali tidak menghadiri sidang di PN Kelas IA Kupang dengan agenda pembacaan tuntutan.

“Saya sudah perintahkan JPU Kejari Kota Kupang untuk menetapkan Diana Aman sebagai DPO, ” tegas Budi.

Selain masuk dalam DPO, lanjut Budi, pihak kejaksaan juga mengeluarkan pencekalan terhadap Diana Aman yang kini diketahui berada diluar Kota Kupang.

“Selain masuk dalam DPO, kami juga keluarkan pencekalan terhadap diana aman. Sekarang yang kami ketahui diana tidak lagi di Kota Kupang,” ujar Budi.

Terkait dengan sidang terhadap Diana, tambah Budi, tetap dilanjutkan yakni In Absensia. Dimana sidang tanpa kehadiran terdakwa. “Sidang kami minta tetap dilanjutkan tanpa kehadiran terdakwa (in absensia). Jadi kami tetap baca tuntutannya meskipun tidak hadir terdakwanya,” pungkas Budi.(red)

Komentar ANDA?