Tidak ada Penjualan Pulau di Manggarai Barat

0
504

KUPANG. NTTsatu – Isu yang beredar selama ini mengenai penjualan pulau-pulau kecil di wilayah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) kepada orang asing merupakan isu yang tidak benar dan tidak berdasarkan fakta lapangan.

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Manggarai Barat, Kompol I Ketut Suwijana yang dihubungi melalui telepon selulernya dari Kupang ke Labuan Bajo, Mabar, Jumat, 10 April 2015 menegaskan, tidak benar isu yang beredar terutama di dunia maya selama ini mengrnai penjualan pulau di wilayah itun kepada orang asing.

“Tidak benar informasi itu. Itu hanya isu saja yang sengaja disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Ketika isu itu mencuat, kami langsung melakukan penyelidikan, ternyata sama sekali tidak ada penjualan pulau itu. Yang ada hanyalah penjualan lahan milik perorangan,” katanya.

Dijelaskannya, penjualan lahan kepada orang asing itu benar ada, dan itu sama sekali tidak melanggar aturan. Pasalnya, tidak ada satu aturanpun yang melarang warga negara Indonesia (WNI) menjual lahan miliknya kepada Warga Negara Asing (WNA).

“Kondisi seperti ini memang wajar-wajar saja ketika Labuan Bajo dengan Taman Nasional Komodonya yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu semakin terkenal dan mulai dilirik industri pariwisata. Bali juga demikian. Ya kalau mau pariwisatanya maju, masalah penjualan lahan kepada warga negara asing tidak bisa dihindari,” jelasnya.

Dia mencontonhkan Bali yang kini maju pesat dunia pariwisatanya saat ini. Banyak lahan di daerah-daerah pariwisata itu dibeli orang asing untuk membangun Hotel dan usaha-usaha lainnya. Itu sah-sah saja, dan daerah juga tetap mendapatkan pemasukan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebelumnya Gubernur NTT, Frans Lebu Raya pernah menegaskan, penjualan pulau kepada warga negara asing tidak boleh dilakukan. Karna itu dia menyurati seluruh Bupati/walikota di NTT untuk mengawasi upaya penjualan pulau kepada warga negara asing. (bop)

Komentar ANDA?