Tiga Kata “Ajaib” Untuk Pasangan Suami Istri

0
792

Pastor Tuan Kopong, MSF asal Adonara, Flotim, NTT misionaris yang bertugas do Manila merilis tulisannya di akun face book untuk dipahami pasangan suami istri. berikut ini dirilis lengkap untuk diketahui; 

 

TOLONG

Ketika suami atau istri meminta pertolongan, maka sebenarnya bukan ia bermanja atau berlaku seperti seorang bos, tapi itu adalah bentuk perhatian dan penghargaan bahwa di dalam dirimu yang tidak sempurnasebagai pasangan hidupnya terdapat kekuatan yang melengkapi, ada daya yang menemani.

Sebuah pengakuan bahwa engkau berharga dalam hidup pasanganmu. Sebuah pengakuan bahwa engkau tak tergantikan oleh siapa dan apapun. Tolong juga sebuah ajakan untuk berbenah; ‘Tolong (please), berubaha”.

 

TERIMA KASIH

Ketika suami atau istri mengucapkan Terimakasih, tidak semata karena pertolongan yang diberikan atau kebaikan yang diterima, melainkan adalah sebuah ucapan syukur atas pemberian diri dan pengorbanan yang tak kenal pamrih.

Terimakasih adalah sebuah doa sederhana, karena dalam ucapan terimakasih ada pujian, sykur dan kebanggaan atas kehadiran pasangan yang selalu mengisi hari-hari hidupmu.

Mengucapkan terimakasih pada pasangan adalah sebuah penerimaan apa adanya pada pasangan dan penghargaan atas pemberian atau persembahan diri dan hidup untuk bersama mengalami suka dalam duka, bahagia dalam kesedihan.

 

MAAF

Maaf dan memaafkan adalah keberanian mengakui kesalahan dan keberanian atau kesediaan untuk mengampuni pasangan.

Maaf juga bukan sekedar mengakui kesalahan tetapi dengan mengungkapkan kata maaf pada pasangan, ada niat baik untuk menyembuhkan luka dan sakit yang diderita oleh pasangan karena perilaku kita.

Maaf bukan sebuah kelemahan atau kekalahan atas sebuah pengakuan melainkan kekuatan dari dalam yang berani untuk berbubah. Maaf hanya bermakna ketika ada pengampunan dan sikap saling memaafkan pasangan sebagai perwujudan dari ungkapan Tolong dan Terimakasih.

Rasanya sangat sederhan ketiga ungkapan ini, namun kadang sulit dan berat untuk diucapkan. Berusaha dan terus mencoba maka akan menjadi bahasa ajaib setiap pasangan untuk menghadirkan mujikzat kebahagiaan dan kedamaian dalam keluarga .

Manila: Oktubre-22-2018
Pater Tuan Kopong MSF

======

Foto:Ilustrasi Pasutri

 

Komentar ANDA?