Tiga Kebiasaan yang Membuat Seorang Terlihat Tua

0
174
Foto: Ilustrasi sepasang orang tua

NTTsatu.com – Tak ada seorangpun yang ingin cepat tua. Namun seiring waktu berlalu, manusia sudah pasti akan menua dan tidak akan muda seterusnya.

Masalahnya, beberapa orang khawatir mereka terlihat tua meski usia masih muda. Nah, dilansir beberapa kebiasaan ini ternyata bisa mengakibatkan seseorang terlihat tua.

Tiga kebiasaan yang membuat seseorang terlihat tua itu adalah:

 

  1. Sering membungkuk 

Kebiasaan menulis, salah posisi duduk, atau mengetik selama berjam-jam dapat menyebabkan tulang belakang membentuk postur membungkuk seperti orang lanjut usia, kata Jeremy Smith, MD, ahli ortopedi tulang belakang di Hoag Orthopedic Institute di Irvine, California.

“Tulang belakang memiliki bentuk seperti huruf S yang seimbang. Postur tubuh yang buruk akan menghilangkan keselarasan ini dan sebagai hasilnya, otot, lempeng dan tulang menjadi stres,” ungkap Smith.

Gejala stres tulang dan sendi adalah rasa sakit atau nyeri dan lelah atau pegal. Jika postur tubuh yang buruk tidak segera diperbaiki, maka bisa menyebabkan degenerasi atau cacat tulang permanen.

Praktikkan postur tubuh yang baik yaitu telinga, bahu, dan pinggul harus membentuk garis lurus ketika duduk atau berdiri.

 

  1. Terlalu banyak memakai make-up

Mengenakan riasan berlebihan, terutama produk make-up berbasis minyak dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan wabah jerawat.

Selain itu, terlalu sering menggunakan produk kulit dengan wewangian, bahan kimia dan alkohol dapat menghapus minyak alami penjaga kelembapan kulit. Hasilnya, bisa memicu garis-garis prematur dan keriput.

 

3.Hobi duduk di depan TV

Nongkrong depan TV sudah menjadi kebiasaan orang-orang modern saat ini. Namun, British Journal of Sports Medicine, menyebutkan bahwa untuk setiap jam menonton TV, orang dewasa akan kehilangan umurnya selama rata-rata 22 menit untuk setiap jam yang mereka habiskan di depan TV. (***)

Komentar ANDA?