Tim Ekspedisi NKRI 2015 Operasi 117 Pasien Katarak

0
164
Jpeg

KUPANG. NTTsatu.com – Hari kedua sekaligus hari terakhir baksos operasi katarak gratis oleh tim ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 08/Belu, Selasa (26/05/2015),di RSUD Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, berlangsung lancar,. Tercatat sebanyak 117 pasien katarak yang berhasil menjalani operasi.

Menurut Lettu ckm dr. Martin selaku koordinator dokter dari tim ekspedisi NKRI 2015 subkorwil 8/Belu, baksos operasi katarak gratis dilakukan untuk menjaring pasien-pasien yang tidak mampu dan tidak mempunyai jaminan kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin, 25 Mei 2015 itu mendapat banyak perhatian masyarakat Kupang. Sejak pukul 07.00 WITA, RSUD Naibonat telah dipenuhi oleh warga yang didominasi kaum lanjut usia yang menderita keluhan mata. Tercatat lebih dari 250 pasien yang mendaftarkan diri. Namun setelah di screening, hanya 117 pasien katarak yang bisa menjalani operasi. Pelayanan operasi berlangsung sampai pukul 22.00 WITA.

Banyak masyarakat yang merasakan langsung manfaat dari adanya baksos ini. Seperti diakui Jermias Tafoi, kepala desa Camplong 2 kecamatan Kupang Timur yang juga adalah keluarga pasien operasi katarak menyatakan, sebagai masyarakat mereka sangat senang dengan adanya operasi katarak gratis ini.

“Bakti social operasi katarak ini sangat membantu kami. Karena jika dengan biaya sendiri, lumayan mahal yang berkisar antara, Rp 6 juta hinga Rp 10 juta. Terimakasih tim ekspedisi NKRI,” Jeremias Tafoi.

Selain berkegiatan di pengabdian masyarakat, tim ekspedisi NKRI 2015 subkorwil 8/Belu yang beranggotakan TNI, Polri, dan Mahasiswa juga melakukan penelitian dan penjelahan untuk menemukan potensi alam Indonesia, khususnya di Daratan Timor. Sejak bulan Februari sampai Mei, tim memulai berkegiatan dimulai dari Kabupaten Belu, TTU, TTS, Rote, dan berakhir di Kabupaten Kupang. (Tim Media Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 8/Belu)

Komentar ANDA?