TNI- AU El Tari Kupang Bebaskan Puluhan Pejabat Yang Disandera Teroris

0
294
Foto: Pasukan Gultor TNI-AU El Tari Kupang usai melumpuhkan teroris di Bandara El Tari Kupang

KUPANG. NTTsatu.com – Pasukan Gultor milik Tentara Nasional Indonesia- Angkatan Udara (TNI-AU) El Tari Kupang, Minggu (7/8) sekitar pukul 10:00 wita berhasil membebaskan puluhan pejabat di NTT yang disandera oleh teroris yang akan mengikuti rapat diruang VIP Bandara El Tari Kupang.

Ketika sedang melakukan rapat, puluhan teroris itu langsung melakukan penyergapan dan menyandera puluhan pejabat didalam ruang VIP Bandara El Tari Kupang.

Dalam pembebasan puluhan pejabat yang disandera oleh para teroris itu terjadi kontak senjata antara pasukan Gultor TNI-AU dan teroris didalam ruang VIP Bandara El Tari Kupang. Saat terjadi kontak senjata membuat puluhan pejabat yang disandera menjadi takut.

Sebelum terjadi kontak senjata dengan para teroris, dilakukan negosiasi namun negosiasi gagal dilakukan. Karena gagal dilakukan dengan para teroris sehingga terjadi kontak senjata.

Setelah gagal dilakukan negosiasi, pasukan Gultor milik TNI-AU langsung diturunkan memggunakan helikopter untuk lakukan pembebasan terhadap puluhan pejabat yang disandera.

Aksi bakutembak antara teroris dan pasukan Kultor TNI-AU berlangsung cukup alot dan lama. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, para teroris itu akhirnya mampu dilumpuhkan oleh pasukan Kultor TNI-AU El Tari Kupang.

Dalam aksi baku tembak itu hanya satu teroris yang selamat. Satu teroris yang selamat itu akhirnya dibawa ke pos pengamanan untuk dimintai keterangan terkait motif pemyergapan puluhan pejabat diruang VIP Bandara El Tari Kupang.

Dalam pembebasan itu juga salah satu petugas bandara terluka parah dan terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Danlanud El Tari Kupang, J. Koloay dalam kesempatan itu mengaku pembebasan puluhan pejabat yang disandera oleh teroris diruang VIP Bandara El Tari Kupang itu hanyalah simulasi.

Simulasi itu, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam memberikan keamanan bagi para pejabat di NTT serta para pengguna Bandara El Tari Kupang.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam memberikan keamanan bagi pejabat dan pengguna bandara El Tari Kupang,” terang Koloay.

Selain itu, tambahnya, simulasi ini untuk kesiapan TNI dalam mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta ini baik ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri.(rdm)

Komentar ANDA?